Advertisement

Advertisement
Edukasi

Tim Pengabdian Universitas Muhammadiyah Gresik Kembali Mengabdi di Pulau Bawean

beritakota.net
Senin, Mei 31, 2021 WAT
Last Updated 2021-05-31T13:30:42Z
Advertisement

Bawean, beritakota.net -  Kendati masa pandemi, tidak menjadi kendala bagi dosen UMG untuk kembali melakukan pengabdian di pulau terjauh di Kabupaten Gresik ini. Tim pengabdi yang terdiri dari dosen FKIP itu adalah Dr. Nur Fauziyah, S.Pd., M.Pd. sebagai ketia tim dan anggotanya Dr. Slamet Asari, M.Pd., Ulfatul Ma’rifah, M.Pd. dan Churun L. Maknun. Sasaran kegiatan pengabdian kali ini adalah guru-guru di yayasan Penaber Kecamatan Tambak, baik guru MTs maupun MA.


Kegiatan pengabdian kali ini dilakukan melalui kegiatan workshop design pembelajaran yang dapat menumbuhkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi (HOTS). 


Berdasarkan hasil analisis sebelumnya bahwa sebagian besar siswa di sekolah ini masih kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, guru cenderung ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran yang interaktif yang dapat melibatkan siswa baik kognitifnya maupun psikomotoriknya.


Kegiatan workshop yang dilakukan selama 2 hari ini menghasilkan 3 perangkat pembelajaran yaitu masing-masing berupa chapter design dan lesson design. Dalam menyusun chapter dan lesson design ini para guru melakukannya secara berkelompok dan berkolaborasi. Diskusi berjalan sangat baik, satu sama lainnya saling memberikan ide dan gagasannya. Hasil lesson design ini telah direncanakan akan di implementasikan di kelas pada akhir semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini setelah siswa masuk kelas. 


Pada saat implementasi nanti masing-masing tim guru akan mengimplementasikannya di kelas masing-masing. Seorang guru akan bertugas menjadi guru model dan guru lainnya dalam satu tim tersebut akan menjadi observer. Tugas guru model adalah mengeksekusi pembelajaran di kelas dan tugas observer adalah mengamati aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.


Hasil observasi akan didiskusikan bersama tim pengabdi secara daring melalui aplikasi zoom. Berikut ini contoh lesson design yang mereka hasilkan untuk mapel IPA. 


Kegiatan selanjutnya akan dilakukan kunjungan kembali pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 untuk melakukan kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran pada siklus ke 2. Setelah kegiatan pengebdian ini selesai maka harapannya sekolah dapat melakukan kegiatan peningkatan pembelajaran secara mandiri. AMN/Yan



TrendingMore