KWG Bekerjasama Smelting Selenggarakan UKW, Tingkatkan Komptensi Wartawan


Gresik, beritakota.net, -- Komunitas Wartawan Gresik (KWG) kerjasama dengan PT Smelting menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sabtu (25/9) dan Minggu (26/9).


Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty menyampaikan dari anggota KWG yang mengikuti UKW sebanyak 27 wartawan yang biasa tugas di Gresik. Dari 27 peserta, 2 (dua) diantaranya mengikuti level Utama, 3 (tiga) Madya, dan 22 lainnya level Muda.


“Untuk tim penguji, kami menggandeng LUKW (Lembaga Uji Kompetensi Wartawan) Prgram Studi Ilmu Komunikasi FISIP Univesitas Muhammadiyah Jakarta,” ujar Syuhud yang juga wartawan Harian Bangsa ini.

Dikatakan Syuhud KWG menggelar UKW ini selain untuk meningkatkan SDM anggotanya, juga merupakan upaya organisasi untuk meningkatkan kompetensi bagi anggotanya.


“Kalau sekedar share informasi, netizen sudah bisa melakukannya melalui media sosial, tidak bisa dipastikan kebenarannya. Tapi bagi seorang jurnalis harus mampu menginformasikan kebenaran dan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ), nah dengan UKW ini nantinya yang lulus akan mendapatkan sertifikasi dadi dewan pers", ujarnya.

Syuhud menambahkan, kompetensi bagi wartawan semakin penting karena kemajuan teknologi saat semakinn pesat. Jika seorang jurnalis tidak mampu menjadikan tantangan ini sebagai peluang, maka mereka akan tertinggal.


Sementata itu Section Manager General Affairs PT Smelting, Indra Setya Wibowo Junor mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan KWG. Ia pun berharap kolaorasi ini bisa ditingkatkan.


“Saya berbangga bisa membantu teman-teman jurnalis untuk meningkatkan kompetensi. Saya beharap ada hubungan lebih dekat antara perusahaan dengan wartawan,”ungkapnya saat sambutan pembukaan acara UKW tersebut.


Di tempat yang sama Direktur LUKW Prodi Ilmu Komunikasi FISIP-UMJ, Tria Patrianti mengaku pihaknya memiliki tanggungjawab meningkatkan SDM jurnalis.


“Saya melihat dari data datanya peserta UKW ini semangatnya luar biasa, semoga nanti bisa mengikuti ujian UKW dengan sukses", katanya. Yan