Dukung Program Mudik Sehat Aman Bersama BUMN, Petrokimia Gresik Berangkatkan Lima Bus Mudik Gratis

Gresik, beritakota.net | Menjelang lebaran tahun 2022/1443H, Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia memberangkatkan lima bus mudik gratis untuk karyawan dan masyarakat umum, Jumat (29/3). Kegiatan ini merupakan penugasan Pupuk Indonesia dalam program "Mudik Sehat Aman Bersama BUMN" yang diinisiasi Kementerian BUMN Republik Indonesia (RI).

Kelima bus dengan total 271 penumpang tersebut diberangkatkan dari Gedung Sarana Olahraga (SOR) Petrokimia Gresik, Gresik, Jawa Timur menuju lima jurusan, yaitu Probolinggo-Jember (59 penumpang); Malang-Blitar (59 penumpang); Kediri-Tulungagung (47 penumpang); Bojonegoro-Ngawi (47 penumpang); dan Nganjuk-Madiun (59 penumpang).


Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo usai pelepasan bus mudik gratis menegaskan bahwa, syarat wajib peserta mudik harus sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lanjutan atau booster, sehingga ada jaminan sehat dan terhindar dari risiko penularan Covid-19.


Mudik ini juga diharapkan memberikan rasa aman, karena diprediksi arus mudik tahun ini sangat tinggi setelah adanya larangan mudik lebaran selama dua tahun atau dua kali Hari Raya Idul Fitri akibat pandemi Covid-19.


“Antusiasme mudik yang sangat tinggi ini berpotensi membuat ruas jalan semakin padat. Oleh karena itu, kami mengajak karyawan bersama keluarganya untuk mudik bareng guna mengurangi risiko kecelakaan dan kemacetan di perjalanan,” tandas Dwi Satriyo


Selain mengurangi risiko kecelakaan dan kemacetan di perjalanan, mudik bersama ini juga bertujuan untuk semakin mendekatkan perusahaan dengan masyarakat. Dimana kegiatan "Mudik Sehat Aman Bersama BUMN" Kementerian BUMN RI juga dilaksanakan oleh seluruh BUMN yang ada di Indonesia.


“Mudik Sehat Aman Bersama BUMN ini merupakan  wujud layanan BUMN bagi masyarakat umum, dan selaras dengan komitmen Petrokimia Gresik yang senantiasa ingin memberikan manfaat lebih banyak untuk masyarakat,” ujar Dwi Satriyo.


Salah satu peserta mudik Eka Pratitis yang juga merupakan Karyawan Petrokimia Gresik mengaku senang bisa mudik lebaran setelah dua tahun, apalagi ada mudik gratis program Kementerian BUMN yang memberikan jaminan aman dan sehat.


"Alhamdulillah bisa mudik ke Blitar, bisa lebaran bersama keluarga. Mudik bersama BUMN ini membuat kami tidak was-was karena seluruh peserta sudah mengikuti vaksin booster," ujar Eka dari Departemen Rancang Bangun Petrokimia Gresik.


Sedangkan, peserta mudik lain, Yeni Veronica Rosadi dari Petro Graha Medika mengaku ikut mudik bareng karena bisa meminimalisasi risiko kecelakaan dan kemacetan di jalanan. Diprediksi hari ini mulai puncak arus mudik.


"Mudik bareng BUMN menjadikan kita semakin simpel, aman dan sehat untuk saya, teman-teman dan keluarga," ujar Yeni.





Lebih lanjut, Dwi Satriyo mengingatkan peserta mudik agar senantiasa menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya dengan tetap disiplin menggunakan masker. Ia berharap, perjalanan “Mudik Sehat Aman Bersama BUMN” ini dapat berjalan lancar dan selamat sampai ke seluruh tujuan. 


“Mudik merupakan bagian dari healing. Usai mudik, semua harus bisa semakin menggenjot kinerja perusahaan.  Selamat mudik, selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta,” pungkasnya.


Sementara itu, Pupuk Indonesia dalam “Mudik Sehat Aman Bersama BUMN” mendapat amanah dari Kementerian BUMN memberangkatkan 20 unit bus. Tugas ini didistribusikan untuk enam anak perusahaan, termasuk Petrokimia Gresik. (Yan)