Saat Mudik, Pengacara Luthfi Yazid Motivasi Anak-anak Yatim di Jember

Jember, beritakota.net | Pengacara Dr TM Luthfi Yazid SH LLM saat mudik di kampung halamannya di Kecamatan Silo Kabupaten Jember Jawa Timur secara khusus menyempatkan diri memberikan motivasi kepada anak-anak yatim di daerah itu. 


“Ceramah motivasi yang dilaksanakan pada akhir Ramadhan yang baru lalu itu ditutup dengan takbir bersama. Anak-anak yatim melantunkan takbir dengan khusuk dan penuh dengan rasa haru,” katanya dalam perbincangan dengan wartawan di Jember, Rabu (4/5/2022). 

Pengacara TM Luthfi Yazid (dua, kanan) saat memberikan santunan kepada anak-anak yatim di Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember Jawa Timur baru-baru ini (Dok. pribadi)
Luthfi Yazid yang pernah menjadi Ketua Dewan Syuro Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang dan mantan Sekretaris Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPBH PBNU) itu menyampaikan empat pesan kepada anak-anak yatim.


Pertama, anak-anak yatim harus rajin belajar agar bisa bersekolah sampai jenjang tertinggi. Kedua, mempunyai cita-cita tinggi dan pantang menyerah. Ketiga, membangun persahabatan dengan kawan kawannya yang kelak akan terasa sangat bermanfaat. 


Keempat, selalu mempertahankan nilai-nilai agama dan memiliki prinsip yang kokoh berdasarkan ajaran agama dalam menjalani kehidupan di tengah arus perkembangan zaman dan teknologi yang dapat menjerumuskan pada hal-hal yang menjauhkan generasi muda dari akhlaq yang sesuai tuntunan agama. 


Putera Jember yang menjadi pengacara dan dosen di Jakarta itu juga mengingatkan hadirin bahwa orang-orang yang termasuk mendustakan agama adalah mereka yang tidak memperdulikan anak anak yatim. 


Maka, Luthfi Yazid pun menyatakan bersyukur dan mendukung adanya pemberian santunankepada anak-anak yatim yang dilaksanakan oleh “Afsus Salam”, sebuah perkumpulan anak-anak remaja Muslim di Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Afsus Salam itu sendiri artinya adalah menebar salam. 


Acara ceramah motivasi dan pemberian santunan dan bingkisan kepada anak-anak yatim tersebut dihadiri oleh warga dan para tokoh masyarakat, termasuk Kepala Desa Sempolan, Fadli. 


Pada kesempatan itu dibagikan santunan berupa uang serta bingkisan kue dan sembako kepada 150 anak yatim se-Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. 


Sementara itu Ketua Panitia Acara Ustadz Aram menyatakan, Afsus Salam berkomitmen untuk terus menebar kebaikan kepada masyarakat, termasuk kepada anak-anak yatim, bukan saja di bulan Ramadhan, melainkan juga di bulan-bulan lainnya. 


Sehubungan dengan itu pula ia menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan para donatur yang telah memberikan donasi bagi anak-anak yatim di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.  


Pada kesempatan yang sama, aktivis Afsus Salam lainnya, yaitu Jefry Annasa dan Yudi menyatakan harapannya agar Afsus Salam ke depan dapat melakukan aktivitas yang kian bermanfaat bagi masyarakat setempat. (ynn)