Antisipasi PMK Suryadi Berikan Sapinya Air Degan Ijo

Gresik, beritakota. net | Meluasnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Timur, turut menjadi perhatian para peternak sapi Wilayah Gresik. 

Berbagai upaya di lakukan peternak agar sapinya aman dan tidak tertular virus PMK. Supaya bisa di buat untuk Idul Adha.  


Selain pakan yang spesial, mereka memberikan ramuan khusus sebagai penguatan imun tubuh hewan agar tetap sehat dan kuat. 


Dengan memberikan secara rutin minum sapi kurban dengan air kelapa hijau atau degan ijo, juga memberikan kunyit, madu dan telor.


Air degan ijo diyakini kaya nutrisi dan dapat menetralkan racun sehingga sapi kurban tetap sehat bugar saat hari idul adha. Kata pemilik sapi Suryadi warga Dusun Wates Desa Pandanan Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik, saat ditemui dikandang sapinya, (2/6/2022) pagi.


Lebih jauh Suryadi menuturkan," Sedini mungkin kita berikan minuman jamu-jamuan terutama air kelapa, air kelapa ini menambah nutrisi, air kelapa hijau, sudah dilakukan berulang-ulang saat sapi sakit apapun diberi minum air kelapa hijau langsung sembuh. Kemarin saat kembung keracunan hampir mati saya kasih minum air kelapa hijau langsung sembuh tanpa disuntik dokter, ini untuk idul kurban, kita jaga kesehatannya biar warga tidak membeli di luar,"


Bagi Suryadi," Selain memberikan tips tersebut agar kesehatan sapi tetap sehat, kami juga selalu berkonsultasi pada dokter hewan, karena mengingat sapi tersebut untuk persiapan hari raya idul adha," terangnya.


Lebih jauh Suryadi menuturkan," Terutama sih kita harus menjaga kebersihan kandang agar tetap bersih. Saya juga membatasi tamu yang masuk ke kandang untuk mencegah PMK," ujar Suryadi.


Perlu diketahui, harga sapi saat ini yang sehat 100% dan tidak cacat, harganya kisaran 25 juta hingga 30 juta perekornya. Tambahnya.  (Dion/Yan)