Kadispendik Launching Batik Sentono Khas UPT SMP Negeri 32 Gresik

Gresik, beritakota.net | Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Gresik S. Hariyanto melaunching Batik Sentono, batik khas UPT SMP Negeri 32 Gresik bersamaan dengan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sekolah Penggerak di halaman UPT SMP Negeri 32 Gresik, Minggu (05/06/2022).

Dengan didampingi Pelatih Ahli, Pengawas SMP, Kepala Desa Lasem, dan Kepala SD/MI sekitar serta Komite Sekolah tampak Kadispendik Gresik sangat mengapresiasi hasil karya batik tersebut.


Ada tiga motif Batik Sentono yang dilaunching Kadispendik, yaitu Batik Sentono Lanangan, Batik Sentono Wedokan, dan Batik Kewan Sentono. Batik Sentono ini diambil dari relief yang ada di situs Lasem, situs yang terletak di Desa Lasem Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Situs Lasem diketahui berawal dari penemuan batu prasasti tertulis tahun ke-555 M.


Di kesempatan itu, Kadispendik juga mengungkapkan, dalam hidup itu harus mempunyai mimpi. Namun, menurutnya impian itu tinggal impian apabila tidak diperjuangkan.


“Berkat perjuangan yang luar biasa, hari ini patut dibanggakan. Sekarang, UPT SMP Negeri 32 Gresik mempunyai kebanggaan yang luar biasa yaitu Batik Sentono,” ungkapnya penuh semangat.


“Sebagai bentuk keberhasilan PSP ini, kita lihat saat ini, ada gelar karya seperti ini. Ada gelar karya, dilaunching. Anak didik didorong tidak hanya punya hard skill, namun didorong juga punya soft skill,” pungkasnya. (jpc/ian)