Jambore UKS/M, Wakil Bupati Gresik Ajak Tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Gresik, beritakota.net | Pemerintah Kabupaten Gresik menyelenggarakan Jambore Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) 2022 di Aula Putri Mijil Pendopo Bupati Gresik, Kamis (27/10/2022). Jambore UKS/M ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat melalui program.  

Kegiatan bertemakan Melalui jambore UKS/M kita wujudkan UKS/M yang ceria, berdedikasi dan berprestasi, tercipta program Nawa Karsa menuju Gresik baru, itu diikuti 112 lembaga dari 16 Kecamatan. Mereka berasal dari kategori SD/MI 32 lembaga, SMP/MTS 32 lembaga dan SMA/MA 48 lembaga.


Wabup Gresik, Aminatun Habibah mengatakan, UKS merupakan sebuah usaha sekolah, untuk menjadikan anak-anak sehat dan lingkungan yang harus mendukung kesehatannya di sekolah masing-masing.


"Salah satu syarat sebuah akreditasi yang baik salah satunya sekolah tersebut harus ada UKS nya. Terkadang UKS di sekolah itu ada hanya disaat penilaian akreditasi saja," ungkap wabup dalam sambutannya saat membuka jambore UKS/M.


Dikatakan, dengan jambore ini, Wabup Aminatun Habibah berharap, perlu diselenggarakan jambore di tingkat kecamatan. Sehingga, ini akan memotivasi anak-anak di sekolah untuk menjadikan UKS suatu usaha untuk menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat.


"Pemerintah akan mendukung semaksimal mungkin kegiatan yang mencerdaskan masyarakatnya. Khususnya, lingkungan sekolah yang sebagai generasi penerus, dalam membangun bangsa dan negaranya,” katanya.


Menurut wabup, UKS merupakan wadah dan program, untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan, peserta didik sedini mungkin. Ini agar dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.


"Dengan demikian akan tercipta visi misi UKS/M yakni sekolah yang sehat, aman dan bersih. Serta terciptanya generasi muda yang berkualitas yang terbebas dari bahaya kenakalan remaja, bahaya merokok, narkoba, kehamilan pra nikah/pergaulan bebas, HIV Aids, dan Stunting," pungkasnya.


Kegiatan Jambore UKS/M kali ini di antaranya, lomba baca puisi tentang UKS, lomba desain poster tentang 8 sasaran UKS dan lomba karya ilmiah tentang 8 sasaran UKS.


Turut mendampingi Wakil Bupati Gresik, Ketua Dharma Wanita Persatuan Siti Qomariyah, Kepala Dinas Kesehatan Mukhibatul Khusnah, Kepala Dinas Pendidikan S. Hariyanto, serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Hamim. (ian)