Dimeriahkan Bazar dan Pameran Pendidikan, Matsamas Sukses Gelar Olimpiade SD/MI se-Jawa Timur, Luar Biasa...!!!

Gresik, beritakota.net |Matsamas kembali gelar olimpiade offline se-Jawa Timur setelah 2 tahun sebelumnya hanya dilakukan secara online karena pandemi virus corona. Kali ini pesertanya luar biasa, meski sedikit terjadi penurunan jumlah peserta bila dibanding tahun sebelumnya, namun tetap saja para peserta antusias. Kurang lebih 300 peserta dari SD/MI Se Jawa Timur tumplek blek mengikuti kegiatan olimpiade tahunan yang diselenggarakan oleh MTs YKUI Maskumambang Dukun Gresik ini. 


Olimpiade yang mengusung tema, “Brilliant Idea For The Brilliant Future” dilaksanakan pada hari Ahad, 22 Januari 2023. Pesertanya pun berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, ada Gresik, Lamongan, Surabaya, Lumajang, Mojokerto, Sidoarjo dan daerah lainnya. 


Empat mapel yang diperlombakan, yakni Sains, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Acara dimulai tepat pukul 08.00 untuk sesi pembukaan. Bertindak sebagai MC ustadz Husni Mubarrok. Acara pembukaan pun berjalan dengan lancar di aula Putra Pondok Pesantren Maskumambang. Nampak raut muka yang berseri-seri dari peserta lomba, sepertinya mereka sangat antusias dan sudah tidak sabar  lagi ingin segera memulai mengerjakan soal. 


Acara pembukaan berlangsung cukup singkat, hanya ada pembacaan ayat suci Al Qur’an, disusul rangkaian sambutan dari pengasuh pondok pesantren, direktur pendidikan dan bapak Kepala Madrasah. Tepat pukul 09.00 berlanjut Technical Meeting yang dipandu langsung oleh ustadz Saiful Alam selaku Ketua Panitia Matsamas Fest dan baru pukul 09.30 para peserta memasuki ruang masing-masing untuk mulai mengerjakan soal. 


Selain kegiatan olimpiade. Ajang Matsamas Fest juga diramaikan dengan bazar dan pameran pendidikan. Stand bazar diisi dengan menu-menu kreatif makanan dan minuman lezat persembahan dari masing-masing kelas sementara untuk stand pameran pendidikan, diisi oleh anak-anak dari club sains dan robotic MA - MTS YKUI Maskumambang, tak lupa pula ada stand dari OSPMAS, BTM dan PSB Maskumambang. 


Maraknya kegiatan kali ini tentunya memberikan kesan positif bahwa penyelenggaraan event olimpiade tetaplah diminati dan digandrungi siswa, utamanya bagi mereka yang berprestasi sebagai ajang mengukur kompetensi diri. Selain itu, stand – stand bazar yang tersedia juga membuktikan tingginya animo siswa berkreasi di bidang kuliner. 


“Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar. Para peserta lomba cukup banyak dan sangat antusias. Apalagi dimeriahkan dengan menu-menu kuliner dari masing-masing kelas semakin menambah gemerlapnya kegiatan Matsamas Fest kali ini, mantap!” tutur ustadz Saiful Alam menambahkan penuh semangat dengan raut muka berseri-seri tanda puas dan bahagia. (Husni Mubarrok/Telisik Hati)