Bupati Gresik Nonaktifkan Jajaran Direksi Perumda Giri Tirta, Hasil Audit Temukan Kejanggalan Peruntukan Anggaran

Gresik (beritakota.net) - Akhirnya Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menonaktifkan jajaran Direksi PDAM yang sekarang berganti nama Perumda Giri Tirta Gresik.


Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Gresik Nomor 821.2/708/HK/437.12/2021 tentang Pemberhentian Siti Aminatus Zariyah, SE dari Jabatan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah  Giri Tirta Kabupaten Gresik, juga Surat Keputusan Bupati Gresik Nomor: 821.2/709/HK/437.12/2021 tentang Pemberhentian Harisun Awali ST, MT dari Jabatan Direktur Teknik Perusahaan Umum Daerah  Giri Tirta Kabupaten Gresik.


Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani/istimewa
Surat Keputusan orang nomor satu Gresik ini, menyusul persoalan beberapa bulan lalu viral di media pemberitaan perintahkan Inspektorat Pemkab Gresik, untuk melakukan audit kejanggalan penggunaan anggaran penyertaan modal Perumda Tirta Giri senilai Rp.25 milyar dari tahun 2019-2020. 


Dalam surat keputusan Bupati Gresik itu disebutkan laporan hasil audit tertentu terkait penyertaan modal pada PDAM Gresik nomor: X.700/158/437.72/2021 tanggal 22 Oktober 2021 oleh Inspektorat Pemkab Gresik, menyimpulkan adanya penyertaan pemanfaatan modal Pemkab Gresik kepada PDAM Giri Tirta Gresik pada tahun 2019 yang penggunaannya di luar peruntukannya.


"Saya acung dua jempol buat Pak Pati (Bupati Gresik, red) sudah mengeluarkan surat nonaktif jajaran direksi Perumda Giri Tirta, ini yang ditunggu-tunggu warga perubahan Gresik gebrakan Gresik Baru di tahun baru 2022 mantap JEBREEEET JEBREEEET JEBREEEET," kata SN Hadi Ketua DPD Setya Kita Pancasila (SKP) Gresik yang sejak awal sangat getol menyoroti berbagai masalah Perumda Giri Tirta, Sabtu (1/01/2022).


Selain itu lanjut SN Hadi  Keputusan Bupati Gresik UNTUK MENONAKTIFKAN JAJARAN DIREKSI Perusahaan Umum Daerah  Giri Tirta Kabupaten Gresik SANGAT TEPAT UNTUK MENJAWAB KERAGUAN WARGA YANG SELAMA INI BERGULIR DI RANA PUBLIK.


 "Surat ini sebagai bukti kalau Pak Pati penuhi janjinya melakukan perubahan yaitu sehatkan BUMD agar kedepan bebas dari korupsi," ujar SN Hadi seraya menegaskan pihak penegak hukum, untuk menindak lanjut dalam temuan temuan kejanggalan penggunaan anggaran APBD hasil tim audit tersebut.


SN Hadi Ketua DPD SKP Gresik/istimewa

Sementara terkait pergantian jajaran direksi yang baru nanti Pemkab Gresik bisa secara transparan dan terbuka kepada publik atau bisa dengan lelang. Tetapi yang terpenting figur harus bersih orang amanah jujur bisa bekerja keras memajukan PDAM, terutama terkait konkret mampu perbaiki pelayanan distribusi air kepada pelanggan.


Sebelumnya SN Hadi menyebutkan dalam Surat Pernyataan yang diteken Direksi PDAM terkait modal Pemkab Gresik ke PDAM tertanggal 30 Desember 2019, disebutkan pelaksanaan Rp. 25 milyar dari APBD 2019-2020 sepenuhnya menjadi tanggungjawab Dirut PDAM dan Dewan Pengawas PDAM tidak melibatkan Bupati Gresik periode Sambari Halim Radianto. Namun saat Pembahasan Penyertaan modal PDAM mendapatkan persetujuan DPRD, dicairkan untuk penggunaannya sesuai kebutuhan sebagaimana tercantum di Surat Pengajuan Permohonan Persetujuan Perubahan Penyertaan Modal PDAM kepada Dewan Pengawas PDAM untuk disahkan kepada Bupati. Suratnya tanggal 14 Oktober 2020 dengan Nomor: 900/       /437.82.303/2020. Dari Surat ini terinci rencana yang seharusnya diperuntukkan penggunaan Penyertaan modal PDAM Rp. 25 milyar. (yan)