Gubernur Minta Pasar Sapi Ditutup, Sekda Gresik Himbau Lima Kecamatan Waspadai Sapi Terpapar Wabah PMK

Gresik, beritakota | Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa langsung meninjau kandang  peternak sapi milik H. Bahri di Dusun Wates Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Sabtu (7/5/2022), hal ini setelah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) didapati di beberapa kabupaten yang ada di Jawa Timur. 

Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa didampingi Sekda Gresik Achmad Washil Miftahul Arif seusai sidak diwawancarai para awak media lokal dan nasional soal sapi terjangkit wabah PMK di Balongpanggang. (beritakota.net)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan setelah mendengar informasi adanya Kejadian Luar Biasa (KLB ) terkonfirmasi terjangkit PMK di empat kabupaten yaitu Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan Mojokerto. 


"Saya pun langsung melakukan kordinasi dengan empat Bupati dan pihak-pihak terkait, dengan memutuskan untuk penutupan sementara pasar hewan yang ada di empat kabupaten tersebut," katanya. 


Dilanjutkan Khofifah Indarparawansa penularannya PMK itu melalui erbon atau melalui sirkulasi angin dan penularannya hanya ke hewan hewan ternak saja. 

 

Ketua  PP Muslimat ini berharap untuk kabupaten atau kecamatan-kecamatan lain yang belum terkonfirmasi, agar jangan interaksi terlebih dahulu, maksudnya kalau yang masih negatif jangan interaksi sama yang sudah terjangkit.


"Maka untuk menanggulangi wabah PMK ini perlu adanya kerja sama yang baik, dimana pola penanganannya sangat mirip dengan penanganannya covid 19, sehingga sapi didalam kandang itu jangan sampai keluar dan sapi yang di luar jangan sampai masuk," pintanya menyarankan berhati-hati bahaya wabah PMK sapi jangan sampai dikonsumsi. 


Selain  itu lanjut Khofifah Indarparawansa langkah sementara akan melakukan menutup di pasar pasar hewan yang ada di 4 Kabupaten yakni Kabupaten Sidoarjo, Lamongan, Gresik dan Kabupaten Mojokerto. 


Sementara itu Sekda Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman yang mendaampingi Gubernur Jatim sidak, ia menambahkan di wilayah Gresik sendiri ada lima kecamatan diantaranya Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme, Wringinanom dan Kecamatan Menganti.


"Tapi terbanyak di wilayah Kecamatan Wringinanom dan Kecamatan Balongpanggang. Untuk itu saya berharap kepada pemilik atau peternak sapi, yang posisi hewannya tertular agar nantinya koordinasi dengan dinas terkait. Dan diharapakan konsep isolasinya nanti akan kita detilkan, " terang Washil sapaan akrab Achmad Washil Miftahul Arif. 


Mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Gresik ini mendukung langkah kebijakan Gubernur Jatim untuk pasar hewan sapi yang terpapar PMK untuk sementara dilakukan penutupan. 


"Wabah PMK ini merupakan wabah yang harus kita antisipasi dengan cepat jangan  sampai lainya ikut terjangkit sehingga harus diisolasi," lanjutnya. 


Di tempat yang sama pemilik sapi H. Bakri menjelaskan kepada awak media sapi yang terjaring penyakit itu kondisi sapinya panas, demam dan mulut keluar seperti lendir, dan tidak mau makan dengan kondisi sapi-sapinya yang di kandangnya tersebut dalam keadaan lunglai dan lemas.


Awalnya sapi yang ada di kandangnya dengan cirinya cirinya gejala PMK tersebut semula hanya satu ekor sapi, namun dengan berjalannya waktu menjadi bertambah menjadi 35 ekor sapi.


"Setelah mengetahui sapi sapi yang ada di kandang itu mengalami sakit, saya langsung menghubungi dokter hewan setempat dan dalam kurun waktu 5 hari sekali kemudian sapi sapi itu disuntik agar bisa kembali sehat," ujarnya.


Dengan adanya wabah ini ia berharap kedepannya supaya dinas terkait sesering mungkin melakukan pengecekan pada hewan ternak yang ada di kandangnya, juga bagaimana pemerintah itu bisa lebih punya kepedulian terhadap nasib peternak sapi terutama di Gresik Selatan. (Yan)