PEMBERANGKATAN PEKAN DAKWAH, SEBANYAK 94 SANTRI MA YKUI MASKUMAMBANG DILEPAS DENGAN PENUH HIKMAT

Gresik, beritakota.net | Kemenag Gresik, Gresik, 23 Januari 2024 - Haru dan bangga, itulah dua kata yang patut disematkan kepada 94 santri kelas XII MA YKUI Maskumambang. Betapa tidak, selama 10 hari kedepan, mereka akan mengamalkan ilmunya, berdakwah dan terjun ke masyarakat. 


Ada banyak aktivitas yang akan mereka lakukan selama pekan dakwah terjun di tengah masyarakat, diantaranya; menjadi imam shalat di masjid atau musholla, mengajar Al Qur’an di TPA/TPQ, membina kegiatan remaja masjid, khutbah jum’at dan kultum di masjid, mengajar pelajaran formal di lembaga sekolah/madrasah, membina keputrian remaja, bakti sosial, gotong royong dalam kebersihan masjid dan lain sebagainya.

Kegiatan pekan dakwah ini akan berlangsung selama sepuluh hari, dimulai tanggal 22 Januari hingga 1 Februari 2024. Sebanyak 94 santri yang mengikuti kegiatan pekan dakwah ini akan disebar ke empat kecamatan di kabupaten Lamongan yakni kecamatan Pucuk dan Sukodadi untuk santri putra dan di kecamatan Laren serta Solokuro untuk santri putri.


Dikatakan oleh ustadz Kharisun, S.Pd selaku Kepala Madrasah, “Kegiatan pekan dakwah ini adalah sarana aktualisasi santri MA Maskumambang untuk berdakwah, mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya di bangku sekolah. Mereka akan belajar bagaimana berdakwah di kehidupan nyata di tengah masyarakat sesungguhnya. Tentu saja akan banyak tantangan, namun saya yakin mereka telah siap karena sudah dibekali dengan imu-ilmunya.” tuturnya menjelaskan.  


Iya, sebelum pelaksanaan pekan dakwah dimulai, pihak lembaga telah mengadakan serangkaian kegiatan pembekalan yang dimulai sejak tanggal 3 hingga 6 Januari 2024. Hal ini dilakukan agar peserta pekan dakwah memiliki bekal yang cukup sebelum mereka diterjunkan. Diantara materi pembekalan yang telah diberikan adalah materi Fiqih Dakwah yang diasuh oleh Ustadz Musyrofin, M.Pd.I dan Ustadz Afifuddin Amini, M.Pd.I, Materi Etika Sosial di Masyarakat yang asuh oleh Ustadz Fery Efendi, S.Pd, Materi Pedagogik oleh Ustadz Naf’an Abu Mansur, M.Pd, Micro Teaching oleh Ustadz Ali Rosyidi, M.Pd serta penyusunan program kerja Pekan Dakwah Santri oleh guru pendamping serta materi membuat laporan kegiatan.     


Pekan Dakwah adalah salah satu program pengabdian santri MA YKUI Maskumambang. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa siswi kelas XII di awal semester genap. Tahun ini, pekan dakwah dilakukan di beberapa sekolahan diantaranya; di MI & MTs Muhammadiyah Padengan Ploso, MI Muhammadiyah Karangrejo, SD Muhammadiyah Paji Pucuk, MI Muhammadiyah Kesambi Pucuk, MI Muhammadiyah Brangsi, MI Muhammadiyah Bulubrangsi, MI Muhammadiyah Godog, MI Muhammadiyah Karangtawar serta di MI Muhammadiyah Solokuro. 


Upacara pemberangkatan peserta pekan dakwah berlangsung cukup hikmat. Acara berlangsung di hari Senin, 22 Januari 2024 setelah briefing pagi di halaman madrasah. Bertindak sebagai pemateri adalah Ustadz Nidlol Masyhud, Lc., Dpl dan Ustadz Ghoits, BA. Dalam sambutannya saat melepas peserta pekan dakwah santri putra, Ustadz Nidlol berpesan tentang 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu 1) Menjaga keikhlasan niat selama pekan dakwah di tempat pengabdian, 2) Memprioritaskan berdakwah sesuai urutan kebutuhan ibadah kondisi di tempat pengabdian, serta 3) Menjaga diri dan menjadi teladan baik di tempat pengabdian. 


Sementara itu, Ustadz Ghoits berpesan tentang pentingnya berdakwah bil hal yaitu dengan mencerminkan tingkah laku yang baik yang layak dicontoh di tengah masyarakat dalam segala hal. Selamat berjuang ke-94 santri Maskumambang, jadilah teladan terbaik di tempat kalian mengabdi. Insyaallah langkah kalian akan senantiasa diridhoi dan diberkahi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Aamiin. (Ustadz Husni/Telisik Hati)