Bupati Gresik Resmikan Koperasi BMT Pondok Pesantren di Menganti

Gresik, beritakota.net -- Bupati Gresik H Fandi Akhmad Yani meresmikan Koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPPS) Baitul Mal wa Tamwil (BMT) Khoiru Ummah Ponpes Darul Ihsan Menganti Gresik, Sabtu (13/3/2021). 


Dalam acara secara simbolis orang nomor satu Gresik tampak memotong pita ditandai peresmian koperasi itu didampingi Mulyadi, Pengawas Syari'ah, Direktur KSPPS BMT Khoiru Ummah Jawa Timur Suwandi Ali Syamsi, beserta jajaran pegawai KSPPS BMT Khoiru Ummah Jawa Timur. 


Bupati Gresik berharap KSPPS BMT Khoiru Ummah Jawa Timur di Pondok Pesantren Darul Ihsan ini bisa menjadi pilot projek atau percontohan bagi pesantren di Gresik. 


"Keberadaan lembaga ini adalah sebuah inovasi pesantren dibidang ekonomi, maka hadirnya KSPPS BMT Khoiru Ummah Jawa Timur di Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik, nantinya dapat menjadi pilot projek dan diduplikasi oleh ponpes di kabupaten Gresik lainnya," ungkapnya. 


Beliau melanjutkan diresmikam KSPPS BMT Khoiru Ummah ini menunjukkan adanya lompatan ivonasi pada pondok pesantren, terutama jihad di bidang perekonomian di lingkungan masyarakat sekitar. 


Sementara Dewan Pengawas Syari'ah KSPPS BMT Khoiru Ummah Jawa Timur, Muhammad Kambali menambahkan, berdirinya koperasi ini diharapkan agar bisa menjadi media dakwah ekonomi,  hingga sampai masyarakat bawah dan mampu mengatasi problem ekonomi yang ada di tengah masyarakat.


"Berdirinya KSPPS BMT Khoiru Ummah Jawa Timur dengan latar belakang Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti, mempunyai latar filosofis yang cukup kuat", ujarnya. 


Dia lantas menerangkan landasan filosofis yang dimaksud aitu pertama sebagai dakwah ekonomi yang menyentuh sampai akar rumput sehingga dapat memberikan solusi permasalahan ummat. Kedua, adanya KSPPS BMT sebagai laboratorium mini dari program Studi Ekonomi Syariah Kampus STAI Al-Azhar Menganti Gresik. Yan