Advertisement

Advertisement
Lawan Covid

Kemenag Gresik Segera Vaksinasi Calon Jamaah Haji

beritakota.net
Jumat, Maret 19, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-19T09:55:27Z
Advertisement

Gresik, beritakota.net -- Kemenag Kabupaten Gresik akan segera melakukan vaksinasi kepada Calon Jama'ah Haji (CJH) , terutama vaksinasi CJH lansia, tapi pelaksanaannya masih menunggu instruksi dari Kemenag Pusat.


Dari data yang didapat, kuota haji tahun 2020 ada sekitar 2342 calon jamaah haji yang siap diberangkatkan ke tanah suci tahun 2021ini. Tapi dengan catatan jika pemerintahan Arab Saudi membuka kembali dan dengan syarat sudah menjalani vaksinasi.


Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, Markus Firdaus mengatakan untuk vaksinasi jemaah haji sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik dan dasarnya surat dari Menteri Kesehatan. Terutama untuk jamaah haji lanjut usia yang akan didahulukan vaksinasi.


"Kuota haji 2020 ada sekitar 2342 calon jamaah haji yang siap berangkat tahun ini. Untuk vaksinasi calon jamaah haji sudah di koordinasikan dengan Dinkes dan dasar surat dari Menkes terutama jamaah haji lansia yang lebih diutamakan," ujarnya.


Markus melanjutkan jika musim haji tahun ini dibuka oleh pemerintahan kerajaan Arab Saudi tapi dengan syarat calon jamaah haji harus dilakukan vaksinasi lebih dulu, Kemenang akan melakukan vaksinasi.


Apalagi vaksinasi itu sesuai dengan anjuran dari bupati Gresik agar semua calon jamaah haji yang siap berangkat tahun ini dilakukan vaksinasi lebih dulu.


"Kalau kemudian pemerintah Arab Saudi membuka haji tahun 2021 ada, Kemenag siap memberangkatkan kalau syaratnya harus di vaksin lebih dulu. Apalagi sesuai dengan instruksi dari Bupati," kata Markus, Jumat (19/3/2021).


Lebih lanjut, Markus meminta doa kepada masyarakat Gresik dan Indonesia pada umumnya untuk mendoakan agar pelaksanaan haji tahun ini bisa di laksanakan, agar antrian calon jamaah haji tidak terlalu panjang.


"Kami mohon doanya kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Gresik untuk mendoakan agar keberangkatan calon jamaah haji bisa segera di berangkatkan tahun ini," ucapnya.


Sementara untuk ibadah umroh, lanjut Markus masih belum ada informasi akan dibuka pelaksanaannya. Ia berharap dalam waktu dekat bisa dibuka kembali untuk ibadah umroh ke tanah suci, apalagi sebentar lagi akan ramadhan.


"Masih belum ada informasi ibadah umroh akan di buka, tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dibuka kembali untuk ibadah umroh," jelas Markus.


Sebelumnya, Vaksin tahap kedua bagi seluruh pegawai Kemenag, guru dan staf Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Gresik sudah dilaksanakan, Kamis (18/3/2021) dengan jumlah total 786 yang mengikuti vaksinasi. Yan


TrendingMore