Wisata

Menteri Pariwisata Siap Bantu Kembangkan Wisata Gresik, Ketua DPRD Gresik Siap Mendukung

beritakota.net
Kamis, April 01, 2021 WAT
Last Updated 2021-04-12T02:12:14Z
Advertisement

Gresik, beritakota.net -- Ketua DPRD Kabupaten Gresik  H. Much. Abdul Qodir akan mendukung setiap kegiatan positif program Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka pemulihan ekonomi di Gresik, bahkan atas nama DPRD setempat pihaknya akan terus memberikan support sebesar-besarnya untuk kegiatan-kegiatan berkaitan membangkitkan geliat pulihkan ekonomi di masa pandemi ini. 

"Semoga pandemi segera berakhir. Mudah-mudahan segera berlalu dan kita bisa bangkit kembali normal seperti sediakala,” ujar Kaji Qodir sapaan akrab H. Much Abdul Qodir saat acara Bincang Tokoh Bersama Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara virtual yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik di Gresik, Selasa (30/3/2021).


Menurut Kaji Qodir semua pihak baik pemerintah eksekutif dan legislatif serta masyarakat untuk bersama ikut mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi covid 19, yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan. 


"Semua kegiatan harus patuhi protokol kesehatan, tapi tetap semangat menggeliatkan kegiatan ekonomi masyarakat agar roda ekonomi tidak macet", ujarnya. 


Sementara dalam dialog virtual tersebut selain hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, juga Wabup Gresik  Hj Aminatun Habibah. 


Sang Menteri Sandiaga Uno menyampaikan berjanji siap membantu mengembangkan sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dengan datang ke daerah itu dan mempromosikan setiap sudut wilayah yang dikenal dengan Bumi Wali tersebut.


"Saya akan datang ke Gresik, kami komitmen mendukung pariwisata di Gresik. Namun syaratnya tolong disiapkan nasi krawu,” kata Sandiaga sambil tersenyum membuat peserta dialog virtual itu terkekeh senyum lebar. 


Dikatakan Sandiaga Uno ada dua destinasi wisata religi di Gresik, yakni Makam Sunan Malik Ibrahim dan Makam Sunan Giri, hal ini membuktikan wilayah Gresik memiliki pasar pariwisata religi yang patut dikembangkan.elain itu, sebagai Kota Santri, Sandiaga menilai Gresik dapat mengembangkan wisata halal.


"Gresik memiliki potensi pariwisata besar dengan memiliki 2 makam religi, yaitu makam Maulana Malik ibrahim dan Makam Sunan Giri. Ini bisa dikembangkan sebagai wisata religi dan wisata halal,” katanya.


Selain pariwisata religi, lanjut Sandiaga Uno yang dikenal dengan sebutan Mas Menteri ini pun menyebut beberapa potensi wisata Gresik lain, di antaranya Bukit Jamur, Bukit Gosari, dan Pantai Gili Niko di Bawean.


Sementara itu Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah yang berbicara langsung kepada Sandiaga menjelaskan, bahwa di Gresik juga ada wisata tanaman hias.Ini merupakan terobosan terbaru di tengah suhu Kabupaten Gresik yang terbilang padan. 


"Oleh karena itu, kami minta Pak Menteri mendukung dan membantu mempromosikan ini,” kata Bu Min, panggilan akrab Aminatun Habibah.


Mendengar hal itu, Sandiaga Uno menekankan perlunya pemerintah daerah untuk mendukung pariwisata yang dikelola dan dikembnagkan oleh tiap desa. Menurut Sandiaga Uno, saat ini ada peningkatan desa yang dikembangkan menjadi pariwisata, yakni di tahun 2020, tercatat ada 16 desa wisata dan di tahun 2021 ada peningkatan yakni 26 desa wisata.Ini yang harus didukung terus oleh pemerintah daerah, yakni munculnya desa-desa wisata,” pungkasnya. Yan


TrendingMore

close