Lakone

Tambang Batu Kapur Sekapuk Selamatkan Ratusan Pengangguran di Tengah Pandemi

beritakota.net
Rabu, Maret 17, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-17T10:25:56Z
Advertisement

Gresik, beritakota.net -- Di saat yang lain terpuruk akibat pandemi yang hingga belum berakhir, namun hal itu tidak berlaku bagi warga Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Bagaimana tidak, sang Kades Sekapuk Abdul Halim, terus memutar otak menciptakan berbagai terobosan dan inovasi agar seluruh warganya tidak terpuruk akibat pandemi. 


Salah satunya, dengan memaksimal BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) agar benar-benar memiliki nilai manfaat besar bagi masyarakat. Semua itu dilakukan Pemdes Sekapuk agar masyarakat tetap bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jangan sampai mereka terpuruk akibat pandemi. 


"Alhamdulillah, salah satu unit usaha BUMDes Sekapuk, yakni tambang batu kapur mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk mengentas pengangguran di masa pandemi ini. Tidak kurang dari 500 warga bekerja di tambang batu kapur. Belum lagi, di wisata Setigi yang juga mempekerjakan puluhan warga desa. Ditambah unit usaha pengelolaan sampah, air bersih dan unit usaha lainnya," beber satu-satunya Kades di Gresik yang baru-baru ini diundang di acara bergenksi Kick Andy Metro TV Jakarta ini. 


Sementara Manajer Unit Usaha Tambang Batu Kapur BUMDes Sekapuk, Purwanto Omher menambahkan, pihaknya bersyukur, di tengah pandemi seperti ini, ratusan warga Desa Sekapuk masih tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan bekerja di tambang batu kapur Sekapuk. Selain untuk kebutuhan hidup sehari-hari, penghasilan mereka di tambang batu kapur juga bisa untuk membiayai pendidikan putra-putrinya. 


"Kami sangat serius mengelola tambang batu kapur Sekapuk demi meningkatkan kesejahteraan warga. Terlebih di saat kondisi sulit akibat pandemi ini, kami mampu mengentas pengangguran, sehingga turut meringankan beban negara di masa Covid-19 ini. Semoga usaha kami berjalan di atas kebenaran yang selalu bermanfaat bagi umat", tandas Purwanto yang diamini Dirut Bumdes Sekapuk H Asjudi. Yan

TrendingMore

close