Setigi Antarkan Sekapuk Masuk Kurasi Best of The Best Desa Wisata Kemenkraf RI


Gresik, beritakota.net -- Alhamdulillah, di tengah pandemi, Setigi kembali mengukir prestasi. Setelah menyabet Juara 1 Anugerah Wisata Gresik (AWG) 2021, kini Setigi berhasil mengantarkan Sekapuk masuk dalam kurasi Best Of The Best 300 Besar Desa Wisata di ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI. 


Kades Sekapuk Abdul Halim (AHA) sang pencetus wisata alam Setigi menyampaikan rasa syukur atas apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI ini. Alhamdulillah, Wisata Desa Sekapuk masuk dalam 300 Besar Desa Wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Total peserta sebanyak 1.831 se-Indonesia dari 34 provinsi. 


"Semoga Desa Wisata Sekapuk berhasil lolos 100 Besar, lanjut Grand final dan jadi JUARANYA. #Mohon_doa dan dukungannya untuk menuju Grand Final ADWI 2021. Mari kita siapkan untuk jadi Juara, bukan hanya retorika, apalagi hanya rebahan tak berguna. 

Jika orang lain bisa, maka yakinlah kita juga bisa," tegas Kades berjuluk Ki Begawan Setigi ini, Jumat Berkah (20/8/2021). 


Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Gresik, H Sinaga didampingi Kang Darmanto mengatakan, ada 3 desa di Kabupaten Gresik yang lolos best of the best 300 besar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).


“Alhamdulillah dalam kurasi best of the best 300 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, ada  3 desa di Gresik yang lolos. Ketiga desa tersebut, yaitu Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah, dan Desa/Kelurahan Sidokumpul Kampung Kreasi, ” beber Pejabat Teras Pemkab Gresik yang akrab disapa Abang Sinaga ini. 


Atas prestasi ini, Sinaga berharap menjadi awal kejayaan kepariwisataan Kabupaten Gresik. Ia bertekad akan lebih semangat lagi untuk mengembangkan wilayah desa yang tersebar di Gresik menjadi desa wisata, dan pastinya berdampak terhadap kesejahteraan warganya.


“Kreatif, inovatif, guyub rukun dan gotong royong menjadi salah satu modal awal untuk menghadirkan desa wisata, ” kata Sinaga.


Sinaga berpesan, untuk desa di Gresik yang belum masuk menjadi nominasi diajang tersebut agar tak patah semangat. Tetap semangat untuk memajukan desanya masing-masing.


“Bagi yang belum masuk 300 besar, tetap mendapatkan apresiasi tinggi dari Kemenparekraf. Selajutnya akan diseleksi 100 besar, kemudian 50 besar dan Grand Final 10 besar,” jelas Sinaga.


Ditambahkan Sinaga, 300 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 yang berasal dari wilayah Jawa Timur yaitu, Gresik 3 desa, Mojokerto 2 desa, Banyuwangi 2 desa, Pacitan 1 desa, Kota Batu 2 desa, Situbondo 1 desa, Kediri 1 desa, Lumajang 2 desa, Magetan 2 desa, Blitar 1 desa, Bojonegoro 1 desa dan Kabupaten Malang 3 desa.


“Dan Jejaring Desa Wisata (Jadesta) akan selalu menjadi rumah komunikasi dan informas perkembangan Desa Wisata di Indonesia," pungkasnya sembari menginfokan laman jadesta.com.


Dilansir dari laman jadesta.com, sebanyak 1.831 desa dari 34 provinsi yang ada di Indonesia telah mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Jumlah tersebut melebihi target awal yakni hanya 700 desa. 


Sementara Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI di akun Instagramya @Sandiuno menuliskan: 300 Desa Wisata se-Indonesia siap menjadi pionir dalam Kebangkitan Ekonomi dan PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA dalam kegiatan @anugerahdesawisataindonesia.


Hasil ini didapat setelah melewati serangkaian tahap kurasi dan penilaian dari dewan kurator. Tetap semangat bagi yang belum terpilih, jangan berhenti berinovasi dan tingkatkan kolaborasi. 


Melalui ADWI, kita akan susun rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia oleh Kemenparekraf untuk mewujudkan desa wisata yang berdaya saing, berkelanjutan, dan berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit! 


Alhamdulillah, di tengah pandemi, Setigi kembali mengukir prestasi. Setelah menyabet Juara 1 Anugerah Wisata Gresik (AWG) 2021, kini Setigi berhasil mengantarkan Sekapuk masuk dalam kurasi Best Of The Best 300 Besar Desa Wisata di ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI. (*) 


Mohon doa dan dukungan untuk menuju Grand Final ADWI 2021. Matur nuwun dulur²🙏🤝🙏

@wisataSetigi 

#anugerahdesawisataindonesia 

#ADWI2021

#DiIndonesiaAja

#wonderfulindonesia 

#bangkitbersamakemenparekraf 

#setigisekapuk 

#setigigresik 

#setigiBangkit

#SetigiWisataNasional

#SetigiWisataInternasional

(Ahmad Yani Elbanis/beritakota.net)