DPD Nasdem Gresik Mendukung Penuh Syaikhona Kholil Ditetapkan Pahlawan Nasional

beritakota.net
Rabu, September 29, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-29T06:46:32Z
Advertisement

Gresik, beritakota.net -- DPD Nasdem Gresik mendukung penuh langkah DPP Nasdem memperjuangkan, agar nama Syekh Muhammad Kholil Bangkalan untuk dijadikan pahlawan nasional. Pasalnya Syaikhona Kholil begitu warga NU menyebut namanya, sangat berjasa besar bagi bangsa Indonesia.


“Nasdem Gresik sangat setuju, apalagi Gresik sebagai kota santri maka sangat tepat ada di garda depan di Jawa Timur untuk bersama DPP Nasdem berjuang sampai gol beliau (alm Syaikhona Kholil, red) ditetapkan Pemerintah Jokowi sebagai pahlawan nasional", ujar H. Syaiful Anwar Ketua DPD Nasdem Gresik.


Dikatakan Syaiful Anwar banyak ulama besar dan tokoh-tokoh kemerdekaan hasil dari didikan Syaikhona Kholil dalam menjaga bangsa Indonesia dari kehancuran dan perpecah belahan, hingga saat ini yang dikenal sebagai ulama penjaga NKRI.


Nasdem dengan mengajukan Mbah Kholil sebagai pahlawan nasional sangat sesuai aspirasi masyarakat Jawa Timur, terutama warga pulau Madura wa bil khusus warga Gresik, karena banyak santri dan guru yang dulunya mondok di pesantren Mbah Kholil, juga para santrinya Mbah Kholi itu sudah memperoleh gelar kepahlawanan, namun sangat disayangkan kalau sumber ilmu dan kebijaksanaannya justru belum.


"Ini yang mendorong Nasdem mengambil langkah serius pengusulan gelar Pahlawan Nasional. Mbah Kholil adalah guru para pahlawan nasional, beliaulah sejatinya pahlawan itu," lanjut pengusaha ini.  


Sementara itu NasDem dan Yayasan Syaikhona Kholil Bangkalan sudah mengajukan Mbah Kholil kepada Menko Polhukam Mahfud Md.


"Jadi kami Partai NasDem beserta pengusul dari Yayasan Syaikhona Kholil melakukan audiensi dengan Bapak Menko Polhukam terkait usulan untuk pemberian gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil Bangkalan," ungkap Ketua DPW NasDem Jawa Timur Sri Sajekti di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/9/2021).


Sri menuturkan, dalam audiensi bersama Mahfud, pihaknya menyampaikan proses perjalanan pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Kholil. Dia mengatakan semua persyaratan sudah dipenuhi dan diajukan ke Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga tinggal menunggu keputusan dadi pemerintah, semoga segera Mbah Kholil ditetapkan Pahlawan Nasional.


Seperti diketahui, Syaikhona Kholil sering juga disebut sebagai Mbah Kholil Bangkalan. Nama aslinya Muhammad Kholil bin Abdul Latif. Ia lahir 9 Shafar 1252 H, bertepatan dengan tanggal 25 Mei 1835 dan wafat pada 29 Ramadan 1343 atau 24 April 1925. Ada pula versi lain tentang tanggal lahirnya. Keturunan Sunan Gunung Jati itu menjadi guru para pendiri NU, yaitu KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Chasbullah, dan KH Bisri Syansuri. Berkat restu Kiai Kholil pula organisasi NU berdiri. Yan


TrendingMore

close