Pendidikan

KKMI Dukun Gelar Workshop Penguatan AKMI Majukan Mutu Pendidikan

beritakota.net
Selasa, September 28, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-28T11:29:36Z
Advertisement


Gresik, beritakota.net -- Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik gelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Kegiatan ini atas inisiatif Kelompok kerja madrasah ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Dukun dipusatkan di kantor MI Mathlabul Huda, Desa Babakbawo kecamatan setempat, Selasa (28/09/2021). 


AKMI  sendiri merupakan penilaian dasar siswa secara komprehensip tentang pokok Literasi membaca, literasi Numerasi, literasi sains dan literasi budaya. Yakni mulai tingkat MI, Mts dan MA.


Ahmad Yahya kasi pendma kemenag Gresik menyatakan, AKMI ini merupakan bentuk kegiatan evaluasi yang diselenggarakan oleh kementrian agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, numerasi, sain dan sosial budaya.


"Maka perlu disiapkan oleh stekholder madrasah mulai sarana komputer, server,  proktor dan tehnisi, " katanya. 


Yahya menambahkan, kegiatan tersebut ini bisa memberikan mutu kemajuan dalam lembaga pendidikan yang dikelolah oleh kepala madrasah. Apalagi diera digitalisasi ini maka madrasah harus bisa adaptasi dengan kemajuan Ilmu dan tehnologi yang semakin pesat untuk menuju madrasah reform.


"Kegiatan AKMI ini akan dimulai pada bulan oktober untuk kelas 5 dan dilanjutkan dengan Asesmen Nasional berbasis komputer (ANBK) di bulan Nopember 2021," tambahnya. 


Acara AKMI ini juga menghadirkan Narasumber pakar pendidikan dari Lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP)  Jatim Dr Marzuki Mpd. 


Di menambahkan, pentingnya persiapan untuk seluruh stekholder di lembaga pendidikan yakni peserta didik dan guru pendidik dalam rangka menguji kompetensi dasar terkait materi tersebut.


"Jadi  kita tidak usah panik dalam menghadapi perubahan kemajuan zaman ini", ujarnya. 


Kerjasama dan kolaborasi antar stekholder di lembaga pendidikan tersebut, lanjut Marzuki yang bisa memberikan solusi dalam pemecahan setiap ada masalah yang  muncul ketika menghadapi AKMI dan ANBK.


"Harus dipersiapkan yang jitu dengan berbagai strategi yang diharapkan," lanjut Penasehat Ika PMII Gresik ini. 


Kegiatan tampak dihadiri Pengawas Madrasah Kecamatan Dukun, kepala madrasah MI se kecamatan Dukun, pengurus KKMI dan Kelompok Kerja Guru (KKG). *Syafik hoo/yan

TrendingMore

close