Gresik Baru

Warga Bawean Sudah Bisa Menikmati Layanan Secepat Kilat Kependudukan

beritakota.net
Senin, September 27, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-27T07:04:56Z
Advertisement


Gresik, beritakota.net -- Pemkab Gresik dengan kepemimpinan Bupati H Fandi Ahmad Yani terus memajukan pelayanan administrasi, untuk memudahkan warganya, bahkan seluruh layanan administrasi kependudukan kini bisa dilakukan secepat kilat seperti di Pulau Bawean Gresik. 

Padahal sebelumnya, bertahun-tahun warga Bawean kesulitan mendapatkan layanan kependudukan karena akses. Mereka harus ke daratan menaiki kapal cepat selama tiga jam agar bisa mendapatkan layanan. 


Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Khusaini mengatakan kini warga kepulauan sudah bisa menikmati layanan kependudukan diantarana cetak E-KTP, KK, KIA, Akta, Pindah domisili dan lain sebagainya.


"Semua sudah bisa dilakukan di Kecamatan Sangkapura dan Tambak. Kami sudah ada komitmen tentang perbaikan layanan disana. Ini sesuai petunjuk Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah," katanya di Gresik, pada Senin (27/9/2021).


Agar proses layanan tak ada kendala, Khusaini memasang peralatan mulai alat rekam dan cetak E-KTP. Kemudian, dia juga memastikan peralatan seperti Komputer serta petugas yang stanby dalam pelayanan.


Meski begitu, tetap ada kendala teknis. Seperti Jaringan internet di kepulauan tersebut ternyata lambat. Hal ini terus menjadi evaluasi dan bakal ditingkatkan.


"Sudah, pada Kamis dan Jumat kemarin saya  ada disana untuk pasang peralatan dan uji coba. Alhamdulillah, lancar," tambah dia.


Untuk warga Disabilitas, ODGJ dan sedang sakit, Dispendukcapil menghadirkan layanan "Door To Door" dengan menyiagakan petugas agar bisa ke rumah. Khusaini berharap agar layanan yang hadir di kepulauan ini dimanfaatkan maksimal. 


"Uji coba kemarin lancar. Lima menit sudah bisa cetak. Cepat lambat cetak KTP tergantung hasil verifikasi atau penunggalan data dari pusat. Datanya clear langsung bisa cetak," tutupnya menanggapi terobosan layanan kependudukan terobos Pulau Bawean Gresik. aml/yan

TrendingMore

close