Media Care

Pemdes Tanggulrejo Manyar Gresik Gandeng Mahasiswa Latih Pelajar Ilmu Jurnalistik

beritakota.net
Senin, Oktober 04, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-04T06:38:31Z
Advertisement


Gresik, beritakota.net -- Pemerintah Desa (Pemdes) Tanggulrejo Kecamatan Manyar menggandeng mahasiswa Universitas Agama Islam Qomaruddin (IAIQ) mengenalkan ilmu jurnalistik kepada pelajar desa setempat. Pengenalan dilakukan dengan menyelenggarakan pelatihan selama tiga hari pada 4-6 Oktober 2021 di Aula Balai Desa Tanggulrejo.


Pelatihan diikuti puluhan pelajar dengan menghadirkan tiga wartawan sebagai pemateri, diantaranya Yudhi Dwi Anggoro Radar Gresik, A. Khidhir Amrullah Progresnews, dan Ahmad Rifqi Badruzzaman dari Beritabaru.


Ketua Panitia Pelaksana, Idham mengatakan, pelatihan dengan tema "Mengasah Skill Menulismu Menjadi Profesional & Menghidupkan Kembali Berita Desa Tanggul Rejo" ini sengaja digelar pemerintah desa dengan tujuan mencetak generasi literasi di tingkat pelajar.


"Untuk mengasah skill dan potensi menulis kalangan pelajar yang ada di desa ini, sehingga bisa mengekplorasi karya tulisannya di website desa," katanya, Senin (4/10). 


Website desa, kata dia, telah berdiri sejak setahun lalu. Keberadaannya memiliki fungsi sebagai akses informasi terkait apa saja kebijakan maupun perkembangan pembangunan yang ada di desa, serta memuat tentang potensi seluruh sektor yang ada di desa.


"Nantinya peserta yang ikut pelatihan akan dilibatkan mengelola website desa, artinya karya-karya jurnalistik mereka akan dimuat di website tersebut," bebernya.


Sementara Kepala Desa Tanggulrejo, Abd. Karim Aly mengapresiasi pelatihan ini. Alumnus fakultas teknik sipil Universitas Darul Ulum (UNDAR) Jombang itu berharap agar kedepan pelatihan ini bisa mencetak kader-kader jurnalis khususnya pemuda maupun pelajar desa.


"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini bisa melahirkan kader-kader jurnalis di Tanggulrejo terutama warga desa," harapnya. Rf/Yan

TrendingMore

close