Media Care

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Ormas Keberagaman di Gresik Kompak Berbagi

beritakota.net
Jumat, Oktober 01, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-01T06:47:56Z
Advertisement


Gresik, beritakota.net -- Banyak hal yang dilakukan warga untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Salah satunyaadalah dengan membagikan bingkisan kepada penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2B di Jalan Raya Desa Banjarsari Kecamatan Cerme, Gresik, Jum'at (1/10/2021).


Kegiatan tersebut diprakarsai Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) berkerja sama dengan Persekutuan Gereja-gereja Surabaya (PGIS), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Masyarakat Gtesik Pecinta Keberagaman (Formagam) serta Gusdurian Gresik.


Pendeta GKJW Gresik, Ari Mustyorini mengatakan kegiatan ini bertemakan "Dengan naungan Pancasila, kita hidup rukun". Tujuannya adalah  untuk mempererat hubungan kemanusiaan dengan penghuni rutan, yang selama merasa terisolasi dari dunia luar.


"Ini sebagai bentuk solidaritas kita terhadap para penhuni Rutan, sebagai salah satu bentuk pengamalan Pancasila," jelasnya.


Diungkapkannya, kegiatan ini sengaja menggandeng sejumlah organisasi massa (ormas) yang selama ini konsisten memperjuangkan kebersamaan dalam keberagaman sebagaimana amanat Pancasila.


Ditambahkannya, aksi solidaritas terhadap penghuni Rutan ini bukan yang pertama kali. Namun sudah sering dilakukan agar hubungan yang harmonis dengan penghuni dan pegawai Rutan terus terjaga.


"Kegiatan seperti ini sering kita lakukan, terutama pada saat peringatan hari-hari besar seperti Hari Kemerdekaan, Hari Kesaktian Pancasila dan nanti pada peringatan Hari Pahlawan kita akan gelar kembali," ujarnya.


Pada kegiatan kali ini, terdapat 28 bingkisan berisi makanan ringan, paket sembako dan peralatan mandi yang dibagikan kepada penghuni Rutan.


Selain pembacaan teks Pancasila, Kegiatan sosial tersebut ditutup dengan menyuarakan yel yel "Eson Wong Gresik Demen Rukun" (aku orang Gresik suka rukun/ red). Yan

TrendingMore

close