Setelah Hujan Deras Monitor Jembatan, Camat Jusuf: Kondisi Sungai Kali Lamong Debit Air Masih Aman

Gresik (beritakota.net) - Hujan deras menguyur di wilayah Gresik selatan membuat Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori, meninjau kondisi terkini jembatan Desa Dapet yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Gresik dengan Kabupaten Mojokerto, Rabu (10/11/2021) Pukul 16.30 Wib.

Hal itu, dilakukan karena di wilayah Kecamatan Balongpanggang setelah hujan deras dikhawatirkan aliran sungai meluap ke desa-desa di Kecamatan Balongpanggang. 


"Namun kondisi Sungai Kali Lamong debit airnya masih aman terkendali," kata Jusuf Ansyori.


Dia meminta kepala desa hingga tokoh masyarakat untuk tetap sigap turun melihat kondisi sungai kali lamong. Sebab di khawatirkan air datang secara tiba - tiba pada malam hari. 


Tidak hanya itu, lanjut Jusuf diharapkan masyarakat ikut peduli dengan keberadaan sungai. Jangan sampai sungai yang semestinya menjadi tempat penampungan air beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah. 


Dia mengingatkan apalagi saat ini memasuki musim penghujan, maka masyarakat harus ikut peduli dengan keberadaan sungai. Yaitu menjaga kebersihan sungai, memfungsikan kembali menjadi tempat penampungan air bukan sarang pembuangan kotoran atau sampah sembarangan yang menjadikan banjir. 


"Masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai kali lamong. Secepatnya juga mereka agar got atau selokan yang ada di depan rumah juga harus dibersihkan atau dikeruk," pungkasnya. (dio/yan)