Bu Min Sambangi Warga Miskin Yang Sakit dan Berikan Bantun Uang Tunai di Kelurahan Pakelingan

Gresik, beritakota.net –  Gerimis rintik – rintik tidak menyurutkan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menyusuri lorong gang sempit menyambangi  rumah Waras, tiga bersaudara  yang dalam kondisi sakit dan  membutuhkan bantuan. Jumat ((18/2/2022). 

Penyusuran Bu Min berhenti  di sebuah rumah kecil berukuran lebar 2,5 meter dengan panjang  kurang lebih 8 meter yang berada di kelurahan Pakelingan di huni oleh tiga bersaudara yang sudah berusia tua. Yakni Waras (70), Chamim(62) dan Siti Chodijah (53). 


Bu Min merasa prihatin dengan kondisi warga yang tidak mampu ini. Seharusnya mereka masuk dalam data penerima Bantuan PKH maupun BPNT namun karena mereka tidak punya anak maka tidak bisa masuk. 


“ketiganya  belum mendapakan  PKH dan BPNT karena tehnis syarat dari Kemensos harus punya anak, sedangkan mereka tiga bersaudara ini tidak berkeluarga. Namun selama ini dapat bantuan dari Baznas. Dan di kabupaten Gresik ada program PKH Inklusi  nanti kita masukkan pada program tersebut agar bisa membantu meringankan bebannya” Kata Wabup kepada awak media. 


Wabup berharap warga yang kurang mampu bisa di data secara real agar tingkat kemiskinan yang ada di kabupaten Gresik bisa segera teratasi dan ada penurunan tingkat kemiskinannya. 


“Gresik ini terlihat tingkat kemiskinan masih tinggi karena pengaruh dari besar UMK yang tinggi. Sehingga ada kesenjangan yang tinggi dari yang berpendapatan UMK dibanding  mereka yang berpendapatan di bawah UMK. Padahal dibandingkan kabupaten lain tingkat pendapatan di kabupaten gresik  sudah cukup tinggi” imbuhnya. 


Dalam kesempatan itu Bu Min memberikan bantuan sembako dan bantuan uang tunai kepada tiga bersaudara didampingi oleh  Muslich Lurah Pakelingan .   


“ Semoga bantuan yang tidak seberapa ini tadi bisa bermanfaat bagi ketiga bersaudara pak waras sekeluarga , dan kelurahan juga agar memperhatikan dan mengupayakan bantuan bagi warganya yang kurang mampu” pungkas wabup. 


Untuk diketahui tiga bersaudara yang tinggal di rumah kecil tersebut adalah warga asli kelurahan pakelingan dan bukan pendatang. 


Saudara pertama bernama  Waras usia 70 tahun dan dalam kondisi sakit. Waras terlihat hanya bisa berbaring setengah  duduk di sudut pojok rumahnya hanya beralaskan kasur di lantai. Tubuhnya yang tua rentah sudah sangat susah digerakkan, matanya buta dan pendengarannya sudah terganggu. Seminggu sekali ada petugas kesehatan dari puskesmas yang memeriksa kondisinya. 


Saudara nomer dua bernama  Chamim berusia 62 tahun juga sudah tidak bisa bekerja dan tidak punya pekerjaan. Kedua matanya terserang katarak sehingga pengelihatannya sudah tidak sempurna lagi. Meski sudah dilakukan operasi katarak satu kali namun kesulitan pengelihatan dan usia yang tak lagi muda  hanya bisa berdiam diri di rumah. Meski dulu pernah bekerja di sebuah perusahaan songkok di daerah kroman sebagai tukang gososk kopyah. 


Saudara nomer tiga Bernama Siti Chotijah berusia  53 tahun, perempuan satu – satunya ini juga menderita katarak. Dan sudah melakukan operasi dua kali namun penglihatannya masih kabur dan tidak sempurna lagi. Hanya bisa berdiam diri dirumah sambil menunggu uluran tangan para donatur. 


Dapat bantuan  BAZNAS Gresik  sejak setelah hari raya tahun kemarin, Bantuan saat pandemic covid 3 kali dan belum masuk daftar bantuan BPNT dan PKH. (Yan)