Mahasiswa KSM-T UNISMA Kelompok 1 Membuat Terobosan Program Kerja Pengembangan Wisata Telaga Madiredo

Malang, beritakota.net - Mahasiswa KSM-T  UNISMA Kelompok 1 membuat sebuah program kerja pengembangan wisata Telaga Madiredo. Program ini bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata desa Madiredo kepada masyarakat luar desa, dengan diharapkan dapat meningkakan eksistensi desa baik dari sektor alam dan pariwisata, sehingga gerak perekonomian desa juga akan meningkat dan mendapat exposure pada masyarakat akan potensi desanya. 

Hasil pelaksanaan kegiatan program pengembangan pariwisata ini berupa penanaman rumput hias yang berada di taman atas telaga yang dirasa masih kosong, serta pemberian papan penunjuk jalan menuju ke lokasi wisata Telaga Madiredo. Dengan adanya program ini diharapkan dapat memasarkan potensi pariwisata Desa Madiredo khususnya Telaga Madiredo kepada masyarakat Malang Raya dan luar Malang sekalipun sebagai destinasi wisata baru yang ramah bagi keluarga dan peziarah dengan adanya spot foto serta lingkungan telaga yang asri namun kental akan nuansa mitos dan kepercayaan. 


Ketua koordinator kelompok KSM Unisma kelompok 1 A Ridho Maualana Aziz optimis semoga dengan peremajaan dan renovasi tempat wisata telaga agar dapat menarik minat para wwisatawan lokal. 


”Setelaah kami berdiskusi dan berbincang bincang dengan pemerintah desa setempat. Kitaami minyimpulkan perlunya renovasi dan peremajaan tempat, agar supaya nanti bisa menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi objek wisata di telaga Madiredo ini," ujar A Ridho Maulana Aziz, Sabtu (26/2/2022).


Menurut Ridho sapaan A Ridho Maulana Aziz yang tepenting dari program ini lebih di tekankan untuk bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.


"Semoga program ini dapat bermanfa'at dan juga menambah wawasan kami dengan menerapkan ilmu dari bangku kuliah dipraktekkan penerapannya dengan kegiatan ini," lanjutnya.


Dijelaskan Ridho Desa Madiredo memiliki destinasi wisata berupa Telaga Madiredo yang terletak di dukuh Meduran, Dusun Lebo, Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, telaga Madiredo ini berukuran 200 M dengan kedalaman  1,5 M. Pemandangan yang disuguhkan asri dan air nya sangat bersih. Telaga ini sangat cocok untuk dikunjungi karena memiliki akses jalan kendaraan yang relatif cukup mudah dan dekat dengan pemukiman penduduk, namun masih belum dapat dilewati kendaraan roda 4. 


Telaga Madiredo merupakan salah satu sektor wisata yang dapat membantu kemajuan Desa. Tetapi pada era pandemi Covid-19 sejak 2019 hingga 2021 saat ini terkena dampak pandemi yang menimbulkan tidak ter urusnya daerah Telaga Madiredo. Banyak fasilitas desa yang telah disediakan tetapi sudah rusak karena lama tidak dikelola dengan baik. 


"Oleh karena itu, telaga membutuhkan restorasi dan penambahan hal-hal baru yang dapat meningkatkan minat pengunjung di masa mendatang," ujarnya. 


Sementara itu Kepala Desa Madiredo Bapak Mahfud menyampaikan peranan KSM UNISMA dapat memberikan kontribusi dalam promosi pariwisata telaga madiredo. Tidak hanya itu KSM Unisma juga telah melakukan aksi tanam rumput hias yang di pantau langsung oleh ketua karang taruna desa madiredo.    


"Harapannya, setelah pandemi telah berakhir dan pariwisata diperbolehkan dibuka kembali, desa Madiredo akan siap menyambut serta membuka kembali destinasi wisata yang ada di desa," katanya singkat penuh optimis. (brt/ynn)