Kukuhkan DPC Gerindra Gresik di Tempat 'Mewah', Sadad Ingatkan Pesan Hadrotussyaikh tentang Petani

Gresik, beritakota.net | Ketua DPW Gerindra Jatim KH. Anwar Sadad Usman mengingatkan pesan Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy'ari Rais Akbar PBNU menjadi petani itu adalah profesi yang paling mulia dan penuh barokah. Hal itu ditegaskan Gus Sadad sapaan akrab KH Anwar Sadad Usman saat menghadiri Pengukuhan Pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Gresik, Minggu (27/03/2022). 

Dari kanan KH Anwar Sadad Usman Ketua DPW Gerindra Jatim didampingi Ketua Fraksi Gerinda DPRD Gresik, Dawam dan dr Asluchul Alif Maslihan Ketua DPC Gerindra Gresik. (beritakota.net) 
Pengukuhkan Pengurus DPC Gerindra Gresik ini terbilang di tempat 'mewah' yaitu mepet sawah. Tepatnya di Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.


Menurut Gus Sadad dalam majalah Soeara Moeslimin Indonesia edisi tahun 1944, KH Hasyim Asy'ari membuat tulisan yang mengupas khusus tentang profesi petani. 


"Saya pernah baca di majalah itu tulisan Hadrotussyaikh Hasyim Asy'ari Rais Akbar PBNU bahwa menjadi petani itu sangat mulia juga membawa berkah," ujar Gus Sadad mendapat aplaus ratusan simpatisan, kader Gerindra juga para petani binaan Partai berlambang Kepala Burung Garuda berwarna keemasan itu. 


Dikatakan Gus Sadad negara ini mengutip dari tulisan Hadrotussyaikh tentang Petani Hasyim Asy'ari itu kalau mau kuat harus diperkuat para petaninya.


"Mengapa menjadi petani itu juga membawa berkah, karena menghidupi kita semuanya bukan cuma manusia, tapi burung-burung jadi gabah itu dicucuk manuk tikus opo maning hewan-hewan ternak termasuk sapi kambing dan maling-maling," lanjut Gus Sadad membuat hadirin tertawa ger-geran aplaus panjang. 


Masih lanjut Gus Sadad bagaimana tidak berkah menjadi petani, karena semua mahluk di muka bumi ini mendapatkan berkah dari petani yaitu padi yang ditanamnya. 


"Jadi tidak salah kalau Hadrotussyaikh Hasyim Asy'ari, menulis di artikelnya seperti itu dan beliau mengutip keterangan dalam Kitab _ādāb al-dunyā wa al-dīn yang ditulis oleh Al Imam Al Mawardi, bahwa negara ini akan kokoh kalau ada 6 item salah satunya adalah tanahnya subur petaninya makmur," ungkap Gus Sadad. 


Alumnus Tafsir Hadits Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya (Uinsa) ini, melanjutkan melalui tulisan Hadratus Syaikh  itulah maka diharapkan menjadi pesan moral bagi Partai Gerindra, terutama para legislatornya di DPRD Gresik dan Jawa Timur untuk harus memperjuangkan petani agar hidup sejahterah. 


"Siap njeh, insya Allah ini ada Pak dokter Alif, ada Pak Dawam dan Bu Nur Saidah semua delapan anggota DPRD Gresik dan Pak Rofik anggota DPRD Jatim, juga saya tadi disebut sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim walaupun saya bukan orang Gresik tapi hati saya untuk orang-orang Gresik," tutup Gus Sadad yang pernah aktivis PMII dengan penuh semangat. 


Selain mengukuhkan DPC Gerindra Gresik, Gus Sadad juga memandu pengucapan Sumpah Kader dan Simpatisan Partai Gerindra. Sesaat setelah para petani memberikan mandat dukungan kepada Partai Gerindra, Gus Sadad meminta mic untuk menambahkan pesan-pesan kepada pengurus yang baru dikukuhkan, agar bersama-sama menjadikan pesan moral Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy'ari yang juga pendiri NU tersebut sebagai spirit perjuangan Partai Gerindra sejahterahkan petani. (Yan)