Warga Desa Prambangan Gembira Dapat Penyuluhan Imunitas dari UWK

Gresik, beritakota.net | Puluhan warga masyarakat Desa Prambangan yang kebanyakan dari kaum ibu, begitu antusias mengikuti sosialisasi dari Fakultas Kedoktetan  UWK. Minggu (29/5). 

Ketua Panitia Pelaksana, Dr Sukma Sahadewa M Kes, SH, M Sos, CLA, mengatakan kegiatan ini adalah program pengabdian masyarakat Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Adapun topik bahasan antara lain : pandemi Covid-19 belum  selesai, masyarakat perlu meningkatkan imunitas, mengkonsumsi  vitamin C harus tepat dan seimbang, hepatitis. 


" Wabah Covid  yang sudah 2 tahun ini, mengajarkan kepada kita, kalau daya tahan yang prima, pikiran  tenang, istirahat yang cukup,  pola hidup sehat,  nutrisi sehat dan seimbang, pastilah terhindar dari penyakit, " terang  Sukma. 


Manfaat konsumsi vitamin C 

 tepat takaran dan frekwensi, serta komposisi, membuat metabolisme tubuh berlangsung dengan normal, dan imunitas semakin meningkat. 


Kekurangan dan kelebihan dalam mengkonsumsi Vitamin C tidak baik bagi tubuh kita, kekurangan vitamin tersebut membuat kulit kering, rambut merah atau terang dan sariawan. Sedangkan kelebihan konsumsi vitami  C mengakibatkan seperti diare, maag, mual dan kram perut, sakit kepala, insomnia, batu ginjal dan ketidakseimbangan nutrisi. 


Hepatitis adalah gangguan pada hati  yang mengalami peradangan, hal ini bisa dari virus maupun non virus, kebanyakan kasus ini diakibatkan oleh makanan yang menggunakan bahan pengawet, dan bahan pewarna sintetik, 


Gejala yang mudah dikenali antara lain :  lelah, muntah, kulit kuning, telapak dan kuku kuning, kencing pekat seperti teh, BAB berbusa dan berwarna putih. 


Endang (49) salah seorang warga Desa Prambangan mengaku senang mengikuti sosialisasi hingga selesai bahkan tidak beranjak dari tempat duduk. 


"Sangat bermanfaat dan menambah wawasan, dan baru kali ini ada sosialisasi yang sangat gamblang serta bisa dapat hadiah door prize, akan saya tularkan ilmu ini kepada keluarga dan tetangga, " ucapnya. ( al/yan)