Desa se-Kabupaten Semarang Berbondong-bondong Study Banding ke Sekapuk, Giliran Desa di Gresik Kapan?

Gresik, beritakota.net | Sentuhan tangan dingin sang Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim atau akrab dipanggil AHA yang spektakular menyulap desanya menjadi desa milyarder, menjadikan desa-desa luar berbondong-bondong datang untuk study banding ke Sekapuk. Bahkan sudah terjadwal ratusan Desa dari 19 Kecamatan di Kabupaten Semarang Bakal Berkunjung ke Sekapuk: Kloter Pertama 16 Desa se-Kecamatan Tuntang, Giliran Desa di Gresik, Kapan...??? 

Sebanyak 68 orang yang terdiri dari 16 kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, dan Ketua TPK desa didampingi Camat Tuntang beserta kasi dan staf melakukan studi banding ke Desa Sekapuk Ujungpangkah. 


Berikut daftar nama 16 Desa Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah: 

Ketua Rombongan Camat Kecamatan Tuntang Bapak Moh. Sigit.

1. Bapak Rohmad, Kepala Desa Seraten sekaligus Ketua Paguyupan Kepala Desa ( PKD)  Kabupaten Semarang.

2. Kepala Desa Kalibeji

3. Kepala Desa Gedangan

4. Jombor

5. Candi Rejo

6. Kesongo

7. Lopait

8. Tuntang

9. Tlogo

10. Delik

11. Karang Anyar

12. Tlompahan

13. Ngajaran

14. Karang Tengah

15. Watu Agung

16. Rowosari.


Camat Tuntang Moh. Sigit mengatakan, pihaknya memang telah mengagendakan kunjungan sekaligus studi banding ke Desa Sekapuk, yang memiliki dua wisata Desa sekaligus, yakni Setigi dan agrowisata KPI (Kebun Pak Inggih). Desa Sekapuk juga telah berhasil membangun desa dari Desa Tertinggal menjadi Desa Mandiri, bahkan melejit jadi Desa Miliarder. 


"Ke depan, kami mengagendakan 19 Kecamatan yang terdiri dari ratusan Desa se-Kabupaten Semarang berkunjung semua ke Sekapuk. Untuk kali ini diawali oleh Kecamatan Tuntang yang mengajak 16 kepala desa beserta perangkat desanya untuk mengunjungi Pemdes Sekapuk, sekaligus menikmati keindahan wisata alam Setigi dan agrowisata KPI," ungkap Sigit dengan ekspresi penuh bahagia saat berada di Setigi dan agro KPI, Kamis (9/6/2022) kemarin. 


Terkait kunjungan tersebut, Kades Sekapuk Abdul Halim didampingi Ketua PDDM (Pusat Diklat Desa Miliarder) Sekar Dwi Cahyani mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kunjungan 16 Desa se-Kecamatang Tuntang Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dihadiri Camat Tuntang Bapak Moh. Sigit, bersama Bapak Rohmad Kepala Desa Seraten sekaligus Ketua Paguyuban Kepala Desa (PKD)  Kabupaten Semarang, Kepala Desa Kalibeji, Kades Gedangan, Jombor, Candi Rejo, Kesongo, Lopait, Tuntang, Tlogo, Delik, Karang Anyar, Tlompahan, Ngajaran, Karang Tengah,Watu Agung, Rowosari beserta sekdes dan perangkat desa.


"Bangun desa sama dengan bangun bangsa. Mari kita kuatkan nilai gotong-royong dan semangat pembangunan berkelanjutan untuk kemanfaatan. Insya Allah, kalau Sekapuk Bisa, saya yakin desa-desa yang ada di Kecamatan Tuntang Semarang juga lebih bisa membangun desanya menjadi Desa Mandiri," tandas Kades berjuluk Ki Begawan Setigi sembari menyayangkan Pemkab Gresik kurang peduli. 


"Lha desa-desa di luar Gresik sudah berbondong-bondong berkunjung ke Sekapuk, tapi desa di Gresik apalagi Pemkab Gresik malah tidak peduli," imbuhnya dengan nada kesal. (Yan)