Tasyakuran HPN 2023, Komunitas Wartawan Gresik Gelar Khotmil Qur'an

Gresik, beritakota.net | Komunitas Wartawan Gresik (KWG) menggelar Syukuran Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 secara sederhana namun penuh hikmah, Kamis (9/2/2023).


Menariknya serangkaian agendanya adalah khotmil Qur'an, kegiatan ini termasuk satu-satunya yang diadakan insan pers di Indonesia dalam giat peringati HPN 2023.


Selain itu juga kegiatan HPN KWG ini kirim do'a kepada orang tua keluarga dan nggota KWG yang sudah wafat,  serta kegiatan santunan sosial bareng tenaga medis kesehatan Gresik yaitu pijat refleksi dan akupuntur.


Kegiatan syukuran HPN yang digelar KWG ini sangat berkesan, karena selain relegius sesuai spirit dengan Gresik sebagai kota santri, dihadiri kelurga anak dan istri dari anggota KWG.


"Peringati HPN 2023 ini KWG suasananya penuh keakraban  dan kekeluargaan," ujar Ketua KWG Miftahul Arif.


Menurut Miftahul Arif HPN 2023 KWG tahun ini memang sengaja diadakan secara sederhana, kalau di tempat lain mungkin besar-besaran tapi KWG dengan khotmil Qur'an dan kirim do'a tersebut agar penuh hikmah dan barakah.


"Kami mendatangkan khuffadz untuk khataman al Qur'an di Balai Wartawan Gresik, acara dimulai pagi dan selesai jam 10 pagi. Semoga menambah hikmah manfaat dan keberkahan," lanjutnya. 

Saat acara berlangsung tampak ibu-ibu dan anak-anak para anggota KWG ikut khataman Al Qur'an, mereka antusias mengikuti acara sampai selesai.


Setelah rampung khataman kemudian dilanjutkan kirim do'a Al Fatihah kepada kedua orang tua dan anggota KWG Bung Dahril, Mustari dan Siswoko yang sudah mendahului keharibaan Allah.


"Semoga Allah mengampuni melapangkan jalan ke surga-Nya. Lahum al Fatihah". 


Sebelumnya, sejak pagi, istri para wartawan yang bertugas di Kota Santri-sebutan populer Kabupaten Gresik itu berkumpul di balai KWG Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Bedilan, Kebungson, 


Seusai kirim do'a penuh khusyu' tersebut dilanjutkan prosesi pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng pertama diberikan oleh ketua panitia HPN 2023 KWG Gilang Budi Rahardja kepada Ketua KWG Miftahul Arif. 


“HPN 2023 ini menjadi momentum para jurnalis merajut harmonisasi dan meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas-tugas profesi demi menjaga marwah Pers,” imbuh  Miftahul Arif. 


Pewarta media CNN Indonesia itu menyampaikan, peran serta istri para wartawan dalam menyemarakkan HPN 2023 ini sebagai bukti KWG selalu menjaga dan mengedepankan kerukunan. Baik antar anggota, maupun secara kekeluargaan. 


“Tahun ini kita juga mengundang istri dan anak untuk menggelar tasyakuran bersama di Balai KWG, ini menandakan bahwa kita selalu menjaga kekompakan dan mengedepankan kekeluargaan,” pungkasnya. (ian)