Ketua DPRD Gresik Apresiasi Tumpeng Raksasa Nasi Krawu, Wacanakan Perda Cagar Budaya

Gresik, beritakota.net | Ketua DPRD Gresik H. Much Abdul Qodir mewacanakan pembuatan Perda (Peraturan Daerah) Cagar Budaya untuk melestarikan warisan budaya Gresik, agar kedepan bisa dikembangkan dijaga dan dilestarikan. 


Hal ini ditegaskan saat Cak Kaji Qodir sapaan akrab H. Abdul Qodir berikan sambutan pada festival tumpeng raksasa nasi krawu, digelar Komunitas Wartawan Gresik (KWG) di Atrium Gressmall GKB, Kamis (9/3/2023). 


"Kami sangat mengapresiasi tumpeng raksasa nasi krawu ini diadakan KWG sebagai bentuk melestarikan warisan budaya Gresik, maka kedepan bisa diinisiasi pembuatan Perda Cagar Budaya untuk melindungi dan melestarikannya," ujar Cak Kaji Qodir. 


Menurut Cak Kaji Qodir nasi krawu menjadi ciri khas makanan dari Gresik yang sudah populer, sehingga harus dikembangkan terus agar bisa meningkatkan pelaku usaha ekonomi kerakyatan, maka sangat diperlukan payung atau Perda yang bisa mengayomi mereka supaya dapat mengembangkan usahanya. 


"Gresik sangat banyak potensi warisan budaya yang harus kita kembangkan melalui berbagai kegiatan bisa menunjang keberlangsungan dalam menjaga cagar budaya," lanjutnya. 


Ketua DPC PKB Gresik ini menambahkan dari tumpeng raksasa nasi krawu tersebut, tentu akan dapat menginspirasi yang lainnya agar kreatif dan inovasi dalam melestarikan warisan budaya di Gresik. 


"Gresik tidak hanya menjadi kota santri tapi juga kota industri serta kota dengan aneka warisan budaya," tambahnya. 


Suami dari Hj. Ufiq Zuroidah anggota Fraksi PKB DPRD Jatim ini pada saat acara tumpeng raksasa nasi tumpeng ini mendampingi Wakil Ketua MPR RI H. Jazilul Fawaid untuk membuka acara tersebut. 


Sementara Bupati Gresik H Fandi Akhmad Yani juga memberikan apresiasi yang sama, dia mengatakan terima kasih antusias masyarakat hadiri acara tumpeng raksasa nasi krawu tersebut, bahkan kegiatan tumpeng raksasa nasi krawu itu akan dijadikan agenda tahunan Pemda Gresik dalam setiap momen menyambut Hari Jadi Gresik dan HUT Pemkab Gresik. (ian)