Anggota DPR RI Debby Kurniawan Tak Mau Siswa di Gresik Putus Sekolah

Gresik, beritakota.net | Pendidikan menjadi salah satu variabel utama dalam semua lini bagi pembangunan nasional. Sehingga pemerintah mengelarkan kebijakan melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Tujuan dari program bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tersebut agar tidak ada siswa dari keluarga miskin atau rentan miskin harus terhenti pendidikannya karena terbentur dana.  Melalui PIP, siswa menerima bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar. 


Dengan adanya PIP tersebut, Anggota Komisi X DPR RI  Debby Kurniawan memberi perhatian khusus pada siswa di Gresik agar tidak putus sekolah dengan alasan biaya. Politisi dari Fraksi Partai Demokrat tersebut blusukan menyerap aspirasi masyarakat Gresik dengan membawa PIP untuk siswa tingkat SD SMP dan SMA melalui jalur aspirasi.


"Pendidikan itu penting.  Dan siswa harus terus dimotivasi oleh orang tua serta guru sehingga tidak ada siswa yang putus sekolah,”tegas dia seusai bersilahturahim sekaligus memberi edukasi pentingnya keberlanjutan pendidikan kepada warga Gresik, Selasa malam (18/04/2023). 


Sedangkan Debby Kurniawan yang mewakili daerah pemilihan (Dapil) Gresik- Lamongan sejak tahun 2020 hingga 2023 ini, istiqomah mengawal PIP tersebut. Sedangkan data yang ada menunjukkan, pada tahun 2021  terdapat 1.892 anak-anak di Gresik yang terputus sekolahnya. 


"Anak – anak Gresik harus pintar, anak Indonesia harus cerdas. Harus mampu menjawap tantangan zaman yang hari ini serba teknologi,"cetus dia bersemangat.


Debby Kurniawan juga hendak memastikan progam PIP jalur aspirasi yang dibawa sudah tepat sasaran. Sebab, masih banyak masyarakat yang membutuhkan PIP tersebut. 


“Insha Allah, kita sudah mengajukan 6.000 siswa untuk mendapatkan PIP di Kabupaten Gresik pada tahun ini. Dari jumlah itu, tersebar hampir 80% kecamatan di Kabupaten Gresik,”urai dia.


Peluang bagi siswa yang belum terdata untuk diusulkan sebagai penerima PIP masih terbuka. Sehingga,  Debby Kurniawan berharap melalui silaturahmi dengan warga Gresik dapat mendengar aspirasi warga Gresik.  


"Semoga PIP yang sudah tersalur di Gresik bisa bermanfaat dan mengurangi beban wali murid untuk melengkapi kebutuhan pendidikan anak, hanya itu harapan kami. Tak lupa menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah, saya memohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Gresik atas segala kesalahan dan kekhilafan,"pintanya.


Beberapa warga yang aspirasinya telah diperjuangan Debby Kurniawan sehingga anaknya mendapat PIP  tampak sangat antusias dalam silaturahim tersebut. Seperti, Iswahyuni (35) yang hadir wakili warga Desa Bulang Kecamatan Benjeng berterimakasih telah diperjuangkan aspirasinya. 


"Anak kami yang dulunya belum dapat PIP, sekarang dapat PIP. Alhamdulillah, PIP sangat bermanfaat. Semoga Mas Debby  Kurniawan lajut kembali menjadi DPR RI dan selalu istiqomah memperjuangkan aspirasi rakyat, "ujarnya dengan sumringah.


Begitu juga dengan Yuliatun (38) warga Desa Lampah Kecamatan Kedamean yang sangat bangga bisa hadir dalam silaturahmi tersebut sehingga bisa menyampaikan terima kasih secara langsung karena anak sudah diperjuangkan dan mendapatkan PIP.


“Program itu sangat bermanfaat. Lanjutkan Mas Debby Kurniawan untuk membantu masyarakat agar anaknya mendapatkan PIP," pungkasnya. ian