Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hadiri Peringatan HALUN di Desa Manyar Sidorukun

Gresik, beritakota.net | Pembinaan Lansia dan Skrining Kesehatan Lansia yang dilaksanakan di gedung serbaguna Desa Manyar Sidorukun kecamatan Manyar kabupaten Gresik dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik dan dr Astrina Yuda pembina Lansia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia di sambut dengan iringan kesenian Hadrah oleh bapak - bapak Lansia dari desa Manyar Sidorukun. Rabu (31/5/2023). 


Selain di sambut dengan kesenian Hadrah, di depan pintu masuk gedung serbaguna yang masih baru ini. Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Nurul Haromaini Fandi Ahmad Yani di dampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Mukhibatul Khusnah juga Pembina Lansia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr Astrina Yuda. 


Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Nurul Haromaini Fandi Ahmad Yani S.I.Kom mengatakan sangat kagum dengan penyambutan kedatangannya. Karena pengisi acara semuanya dilakukan oleh lansia.


"Luar biasa, Saya sangat kagum dengan acara ini karena pengisi acaranya dari Lansia semuanya.Hari ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa lansia bisa bermanfaat bagi semuanya. Menjadi tua itu pasti kita akan alami semua, tapi menjadi bermartabat di usia lanjut adalah pilihan kita semua." Ujar Nurul Haromaini istri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. 


Dia menambahkan, Lansia dapat berdaya sebagai subjek pembangunan di berbagai sektor. Lansia juga bisa menjadi guru yang bisa memberikan pengalamannya kepada yang lebih muda. WHO telah menetapkan konsep untuk kualitas hidup sehingga di usia Lansia tetap sehat dan produktif dalam kehidupan. 


"Momen hari Lansia bisa menjadi awal untuk melindungi para Lansia. Tetap menjaga kesehatan tetap aktif dan mandiri dengan meningkatkan kesadaran lansia. Tetap sehat Tetap bahagia." Imbuhnya. 


Sementara Kadinkes Gresik dr. Muhibatul Khusnah mengatakan skrining kesehatan lansia ini bisa dilaksanakan berkat dukungan Puskesmas Manyar bersama timnya. 


"Kegiatan pembinaan Lansia dan Skrining Kesehatan Lansia dilakukan atas dukungan tim puskesmas Manyar bersama timnya. Sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Juga di dukung oleh dompet dhuafa dari kementerian kesehatan sehingga bisa dilaksanakan se meriah ini" jelas dr Khusnah panggilan akrabnya.


Khusnah melaporkan jika kegiatan pembinaan Lansia dan Skrining Kesehatan Lansia ini diikuti oleh  592 orang lansia. Dari desa Manyar Sidorukun, Manyar Rejo dan desa sekitarnya. Dan masih dalam rangkaian memperingati Hari Lansia Nasional (HALUN). 


"Untuk mendapatkan lansia yang bermartabat, kita harus merawat lansia, setiap bulan diadakan posyandu lansia. Agar lansia tetap sehat dan produktif dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mendapatkan umur harapan hidup mencapai 80-90 tahun. Karena dari laporan tahun 2022 didapati umur harapan hidup Lansia di Gresik mencapai 72 tahun" imbuhnya.


dr Astrina Yuda atau yang lebih di kenal dengan sebutan bunda Ririn dari pembina lansia kementerian kesehatan menjelaskan Di Jogja saat ini tercatat harapan hidup 72 tahun sedangkan di jepang harapan hidup Lansia 80 tahun. 


" Semoga di Gresik nanti harapan hidup Lansia bisa 90 tahun  Dengan kondisi Lansia Sehat, mandiri, aktif, bermartabat." harapnya 


Camat Manyar Zainul Arifin menambahkan, merasa senang ternyata masih banyak lansia yang sehat di wilayah desa ini. 


"Kami sangat senang hari ini bersama para lansia yang hebat. Dimana hari ini kegiatan yang dilakukan semuanya mulai dari pembawa acara dll dilakukan oleh para lansia dari desa Manyar Sidorukun. Meski di i Gedung serbaguna ini masih belum selesai, dan masih belum ada namanya, tapi sudah bisa di manfaatkan untuk kegiatan Lansia. Lansia yang sehat akan selalu bisa berdaya, bermanfaat bagi generasi selanjutnya. Karena lansia tempat bertanya, tempat menimbah ilmu dan pengalaman selama ini," jelasnya. 


Kades Manyar Sidorukun , Su'udin merasa senang desanya bisa turut serta merayakan Hari Lansia Nasional (HALUN) dengan menempati gedung serbaguna yang di bangun berkat bantuan corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan yang ada di wilayah desa Manyar Sidorukun  


"Meskipun gedung serbaguna ini belum 100% selesai namun ternyata bisa benar benar berguna untuk banyak orang. Terutama untuk kegiatan Skrining Kesehatan Lansia, dari 290 warga Lansia yang ada hanya 110 orang lansia yang aktif dan mengikuti kegiatan ini. " Kata Su'udin


"Kami selalu berusaha memberikan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan dengan cara posyandu Lansia dengan pemeriksaan setiap bulan. Ada Lansia homecare dilakukan untuk Lansia yang tidak bisa hadir ke layanan kesehatan di puskesmas Setiap pemeriksaan Lansia membawa sampah ekonomis untuk di setor di bank sampah dan di tabungan. Hasil tabungan dimanfaatkan untuk kegiatan tadabbur alam. Setahun diajak refreshing  wisata religi dengan kerjasama CSR perusahaan setempat. Jelas Kades Su'udin. 


Selain itu di Desa Manyar Sidorukun juga dilakukan Pemberdayaan dan pembinaan seperti pengajian, membuat kerajinan dan jajanan sederhana. Selain itu di Desa Manyar Sidorukun juga memiliki Program desa, dengan melakukan pembinaan peningkatan pemberdayaan masyarakat, dengan adanya peralihan fungsi lahan dari petani Tambak ke industri maka masyarakat dilatih dan dibekali keahlian  untuk mendapatkan pekerjaan di bidang lain. 


Tercatat pada Desember 2022 total warga desa Manyar Sidorukun sebanyak 3868 jiwa dari 1176 KK. Dalam kegiatan tersebut dilakukan tes kesehatan gratis, pemberian obat gratis, pemeriksaan mata gratis dan Bazaar UMKM warga Manyar Sidorukun. ian