Petrokimia Gresik Resmi Buka PetroNite Fest Sebagai Pesta Hiburan Rakyat dan Usaha Mikro Kecil Menengah

Gresik, beritakota.net | Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia kembali selenggarakan PetroNite Fest sebagai pesta hiburan untuk rakyat dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gresik yang secara resmi dibuka oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo yang diwakili oleh SEVP Operasi, I Ketut Rusnaya, baru-baru ini di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur.


Terpisah, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo pada saat pembukaan PetroNite Fest 2023 menyampaikan bahwa, PetroNite Fest kembali diselenggarakan sebagai bentuk komitmen nyata Petrokimia Gresik untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Selain sebagai hiburan, dengan menggandeng 375 UMKM, Petrokimia Gresik ingin mendorong peningkatan ekonomi khususnya di Gresik dengan mempertemukan UMKM dengan potensial konsumen.


"UMKM memiliki peranan strategis sebagai pilar perekonomian Indonesia yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan. Oleh karena itu, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN yang juga salah satu pilar penggerak perekonomian, menaruh komitmen dan perhatian tinggi terhadap UMKM, salah satunya melalui kegiatan ini,” ujar Dwi Satriyo.


PetroNite Fest yang digelar dalam rangka HUT ke-51 Petrokimia Gresik tahun ini, bertema "Kembali ke Desa, dari Petrokimia untuk Indonesia" dan akan berlangsung selama 9 hari mulai dari 29 Juli - 6 Agustus 2023. Ratusan UMKM Gresik yang terlibat berasal dari mitra binaan perusahaan, Pedagang Kaki Lima (PKL), Masyarakat Sekitar Perusahaan (MSP), perwakilan BUMN, dinas-dinas terkait, dan Petrokimia Gresik Grup. Adapun produk yang dijual juga beragam mulai dari produk kerajinan, properti, otomotif, makanan, pakaian, elektronik, furnitur, hingga produk-produk pertanian.


“Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari Petrokimia Gresik untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi UMKM sekitar perusahaan,” tandas Dwi Satriyo.


Pemilik salah satu stan di PetroNite Fest asal Kelurahan Lumpur, Umroni Jariyah bersyukur bisa mengikuti event bazar ini. Karena pengunjung yang datang adalah pengunjung potensial sehingga mampu meningkatkan omzet penjualannya bersama dengan ibu-ibu PKK Lumpur.


"Stan kami adalah kumpulan dari ibu-ibu PKK Lumpur, yang sebagian sudah mempunyai usaha jajanan. Di acara ini pengunjungnya banyak dan tidak hanya dari Gresik saja. Tentu akan memberikan dampak positif bagi penjualan kami," ujarnya.


Sementara itu, Dian Mayasari salah satu pengunjung mengaku terhibur bisa mendatangi pembukaan PetroNite Fest. Selain bisa menyaksikan hiburan, ia juga mengaku bisa berbelanja berbagai jajanan di PetroNite Fest ini.




"Saya akan datang lagi bersama keluarga, di sini kami bisa berkuliner, jajanannya sangat beragam," ujar Dian.


Berbeda dari tahun sebelumnya, PetroNite Fest tahun ini dipersembahkan khusus untuk UMKM asli Gresik dengan sistem pendaftaran online serta verifikasi yang dibangun dengan seksama sehingga hanya UMKM Gresik yang dapat menjadi peserta tenant dari PetroNite Fest.


"Sejalan dengan arahan Manajemen untuk memfokuskan PetroNite Fest hanya untuk Masyarakat dan khususnya UMKM Gresik, sehingga kami menciptakan sistem pendaftaran baru secara online dan sistem verifikasi 3 tahap yaitu verifikasi administrasi, verifikasi tatap muka pra-acara, serta verifikasi on site agar acara ini tepat sasaran" ujar Liliek Harmianto, Ketua Panitia HUT Ke-51 Petrokimia Gresik.


Liliek menjelaskan bahwa sistem online ini dibuat untuk mempernyaman para calon peserta stan untuk mendaftarkan diri. "Jadi calon peserta stan tidak perlu panas-panas, berdesak-desakkan untuk antri mendaftar menjadi peserta tenant. Mereka cukup mempersiapkan seluruh berkas dan mendaftarkan secara online dan dapat dilakukan dimana saja."


Liliek juga menyatakan bahwa sistem pendaftaran online menerapkan prinsip first come first served dimana pendaftar dengan data yang masuk lebih dahululah yang akan terdaftar untuk dilakukan verifikasi.


"Antusiasme PetroNite Fest sangat luar biasa, kemarin pada saat pendaftaran dibuka dalam hitungan menit kuota yang tersedia telah habis. Kami panitia mengucapkan terima kasih atas antusiasme luar biasa dan mohon maaf karena banyak UMKM yang kami tolak karena tidak sesuai dengan persyaratan utama yaitu UMKM Gresik. Selain itu karena keterbatasan area Tri Dharma, masih banyak UMKM yang mungkin belum bisa mengikuti PetroNite Fest tahun ini karena tidak kebagian, semoga tahun depan bisa ikut meramaikan PetroNite Fest," pungkas Liliek. 


Terakhir, Dwi Satriyo pada kesempatan yang sama juga menyampaikan apresiasi atas antusiasme masyarakat dan UMKM Gresik terhadap acara ini. 


"Terima kasih kepada masyarakat dan UMKM Gresik atas animo yang luar biasa pada acara ini. Kami mempersembahkan PetroNite Fest ini khusus untuk Masyarakat Gresik. Semoga acara ini dapat menghibur, bermanfaat, dan menjadi pemantik percepatan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi Kabupaten Gresik," tutup Dwi Satriyo. ian