Peringati HUT RI, Pemdes Bulangan Gelar Ngubek Srumbung

Gresik, beritakota.net |Ratusan warga berebut ikan di Waduk Srumbung Desa Bulangan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Rabu (16/8/2023). Mereka sejak pagi sudah 'jegor' ke waduk berukuran 6.272 m2 tersebut. 


Dalam tradisi Ngubek Srumbung ini ada berbagai macam ikan yang diperebutkan. Mulai mujair, bandeng, patin, gabus hingga tombro. Selain menangkap ikan mengunakam tangan kosong, banyak juga warga yang menggunakan alat tradisional seperti bubu dan seser. 


Salah satu warga Bulangan, Fifin mengaku senang dengan adanya kegiatan Ngubek Srumbung. Apalagi warga bisa mendapatkan ikan secara gratis. 


"Banyak yang mengincar ikan sombro karena ukurannya sangat besar. Sungguh sangat bahagia yang mendapatkannya," ungkap Fifin sambil menunjukan ikan tangkapannya. 


Sebanyak 8 kilogram ikan yang diperoleh Fifin dalam kegiatan kali ini. "Ikan-ikan ini nanti saya bagikan ke sanak saudara," ujarnya. 


Senada, Minto menyampaikan rasa bahagia atas ikan yang didapatkan. "Alhamdulillah dapat ikan tombro, bandeng, mujaer. Cukup untuk lauk pauk," ucapnya. 


Sementara, Plt. Kades Bulangan Masbuhin mengatakan bahwa, acara Ngubek Srumbung memang rutin diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati Sedekah Bumi dan Hari Ulang Tahun (HUT) RI. 


"Memang kami buka untuk umum dan gratis. Tak heran tahun ini yang ikut tak hanya dari warga Desa Bulangan saja, tetapi juga dari Kabupaten Lamongan," jelasnya. 


"Semoga kebersamaan dan kerukunan antar warga tetap terjalin," pungkasnya. ian