Ajang Proklim 2023 KLHK, Kabupaten Gresik Sabet Tiga Kategori Penghargaan

Jakarta (beritakota.net) | Kabupaten Gresik menyabet tiga kategori penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tahun 2023.


Bertempat di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Selasa (24/10), penghargaan bergengsi di bidang lingkungan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya.


Salah satu penghargaan tersebut yakni pembina Proklim untuk pemerintah daerah, yang diterima Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Sebagai informasi, capaian ini merupakan kali pertama dicapai Kabupaten Gresik dalam ajang penghargaan Proklim.


Kategori penghargaan lain, adalah untuk lokasi yang diusulkan DLH Kabupaten Gresik. Dimana dari 23 usulan lokasi tahun 2023 diperoleh 1 lokasi trophy utama yang diraih RW 02 Kelurahan Sukorame Kecamatan Gresik, yang diberikan penghargaannya pada hari ini. Sedangkan 16 lokasi lain mendapatkan sertifikat utama, 5 lokasi sertifikat  madya dan 1 lokasi sertifikat pratama.


Disampaikan Bupati Yani, penghargaan ini merupakan wujud dari kerja kolektif berbagai pihak. Mulai dari Pemerintah Kabupaten Gresik khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), masyarakat, perusahaan, hingga seluruh _stakeholder_ Kabupaten Gresik.


"Penghargaan ini, membawa pesan penting bahwa menjaga kelestarian lingkungan memerlukan kerja bersama, sinergitas dan kolaborasi semua pihak. Mari kita menjaga iklim dan lingkungan kita, salah satu caranya dengan memperbanyak menanam pohon," ujar Bupati Yani.


Dari sudut pandang lain, penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi KLHK atas peran aktif Pemerintah Kabupaten Gresik dalam mendukung Proklim di daerah. Dukungan tersebut antara lain dalam bentuk kebijakan sekaligus penganggaran yang sejatinya sudah tertuang dalam Program Nawa Karsa, yakni Gresik Lestari. Disamping itu, Pemkab Gresik melalui dinas terkait dan bekerja sama dengan _stakeholder_ juga melakukan perencanaan dan pembinaan pada masyarakat.


Menyambung apa yang disampaikan Bupati Yani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik Sri Subaidah mengatakan bahwa program Proklim di Kabupaten Gresik akan terus dikembangkan.


Dikatakan bahwa penghargaan ini cukup spesial bagi Kabupaten Gresik yang dikenal sebagai Kota Industri. Capaian ini, menjadi bukti nyata bahwa partisipasi masyarakat di Kabupaten Gresik sudah tinggi dalam pelestarian lingkungan.


Kelurahan Sukorame yang dalam penyerahan penghargaan ini diwakili oleh Nikmatul Akhiroh dan pendamping dari PT. Pertamina Lubricants menyatakan siap membagi _success story_ yang dimiliki. Tak lupa, dirinya juga mengajak kelurahan atau wilayah lain untuk mengikuti jejak Kelurahan Sukorame dalam upaya pelestarian lingkungan.


"Mari kita hijaukan lingkungan sekitar, demi Kabupaten Gresik tercinta," seru Nikmatul.


Proklim di Kabupaten Gresik ini bisa terwujud, tidak lepas dari kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satunya, dengan keterlibatan berbagai perusahaan pendukung seperti PT. PLN Nusantara Power UP Gresik dan PT. Petrokimia Gresik. Kolaborasi ini jugalah yang membuat PT PLN Nusantara diganjar penghargaan pendukung Proklim tahun 2023, lantaran sudah melakukan pembinaan lebih dari 10 lokasi. (ian)