Pemdes Boteng – Menganti Dukung Program Pemerintah Cegah Stunting

Kompak Kepala Desa Boteng Kecamatan Menganti Suliswati (Baju Putih) bersama perangkat desa dan ibu-ibu usai sosialisasi pencegahan stunting, Senin (4/12/2023). 

Gresik, beritakota.net | Pemeirntah Desa Boteng Kecamatan Menganti - Gresik mendukung Program Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah dalam menuntaskan stunting di desa-desa. Kegiatan tersebut dilakukan dengan bergerak langsung ke pada orang tua. 


Kepala Desa Boteng Kecamatan Menganti Suliswati mengatakan, Pemerintah Desa Boteng mendukung penuh program Bupati dan Wakil Bupati Gresik dalam Nawa Karsa, diantaranya meningkatkan kesehatan anak, sehingga bisa mencegah terjadinya stunting. 


Program Nawa Karsa Bupati Fandi Akhmad Yani disampaikan kepada Ibu-ibu secara langsung dan saat acara pertemuan di Balai Desa. Selain itu, juga disampaikan di Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Taman Kanak-Kanak. 


“Dengan terus melakukan sosialisasi tentang stunting, sehingga ibu-ibu lebih perhatian terhadap anak-anaknya. Dengan demikian anak stunting tidak ada di desa kami,” kata  Suliswati, Senin (4/12/2023). 


Upaya itu mencegah stunting juga dilakukan dengan sosialisasi kepada Ibu-ibu hamil untuk makanan yang bergizi, sehingga kesehatan dan pertumbuhan janin bisa lebih sehat. 


“Melalui program Save 1000 HPK (hari pertama kehidupan), yaitu sejak di janin Ibu, kami sudah menghimbau kepada Ibu-ibu hamil untuk meningkatkan asupan gizinya, segar semuanya sehat. Ibunya sehat dan janinnya juga sehat,” katanya. 


Diketahui, Pemerintah Kabupaten Gresik menggalakkan penanganan stunting di mulai dari tingkat desa. Hal inilah yang menjadi dasar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik Mukhibatul Khusnah dan Camat menyusuri gang-gang untuk melakukan pelacakan stunting.


Bupati Gresik Gus Yani dan Ning Nurul (panggilan Bupati Yani dan Ketua TP PKK Nurul Haromaini) melakukan pelacakan stunting di Desa Klampok, Kecamatan Benjeng, Kamis (30/11/2023).


“Kita akan terus mendorong agar angka ini terus turun hingga Gresik merdeka stunting. Saya bersama Bu Wabup dan Ketua TP PKK akan terus menyuarakan tentang stunting, agar makin banyak orang yang mengerti apa itu stunting. Selain itu, dukungan dari Dinas terkait juga tidak akan berhenti dalam memberantas stunting,” kata Gus Yani dalam rilis Humas Pemkab Gresik. (Adv).