Dinamika Politik Hasil Survey IRC di Dapil 9, PKB Bisa 2 Kursi dan Incumbent Melenggang Kembali DPRD Gresik

Direktur IRC M. Faizin/dok.beritakota.net
Gresik, beritakota.net | Menjelang coblosan pemilu 14 Februari mendatang, Caleg - Caleg pendatang baru harus ekstra kerja keras, apabila ingin menggeser incumbet menjadi terpilih anggota DPRD Gresik di dapil 9 meliputi Kecamatan Manyar dan Bungah.


Pasalnya hasil survey lembaga independen yaitu IRC ( indo riset and consultan) merelease peluang kuat calon incumbent bisa terpilih duduk kembali di DPRD Gresik. Survey IRC ini dilakukan di awal bulan Februari dalam kontestasi khusus di dapil 9 tersebut. Survey dari 30 Januari - 5 Februari 2024 dengan sampel 400 responden.


"Masyarakat pendukung caleg incumbent masih kuat, ya walaupun banyak new comer caleg baru dengan modal finansial," ujar M. Faizin Direktur IRC menyampaikan release resmi kepada beritakota.net, Rabu (7/2/2024).


Mantan Ketua PC GP Ansor Gresik ini menyebutkan hasil survey yang akan melenggang incumbent ke kursi DPRD Gresik antara lain : PPP Khoirul Huda, ,PDIP Noto Utomo, PKB Sholahuddin, Golkar  Luci Gerindra dr alif dan Nasdem dapat 1 kursi  dan incumbent yg memperolehnya.


"Tapi memang ada peluang dari para caleg pendatang baru yang suaranya ketat selisih bisa tipis dengan para incumbent yaitu Fiqhan dari partai Golkar, Syamsudin dari PDIP, " tambah mantan anggota KPU Gresik ini.


Sedangkan incumbent yang bersaing, lanjut M. Faizin sangat  ketat yaitu dari PKB Syahrul Munir, di sisi lain pendatang baru, misalkan dari PAN juga berpeluang tapi belum bisa keluar zona aman dan belum bisa mencapai angka prosentase ke zona aman.


"Pendatang baru yang lain dari partai Gerindra Lies Farhatin Nazidah juga masih tertinggal di bawah dr Alif," lanjutnya dengan nada tinggi.


Mantan anggota Panwas Gresik ini lebih lanjut menjelaskan dalam survey ini data IRC ambil secara acak  dengan random sampling bertingkat, dalam survei tersebut masih di dapatkan pemilih yang masih belum menentukan pilihan politik sebanyak 16.5%.


"Tetapi yang sudah final 57.5 % dan yang pilihan politiknya masih dimungkinkan bisa berubah sekitar 26% yang tersebar di wilayah bungah dan manyar survei tingkat kepercayaan 92% dengan margin eror sekitar 3-4%," imbuh aktivis PMII Surabaya ini.


Calon Doktor Mahasiswa S3 Unesa ini menambahkan peluang perolehan kursi di dapil 9 meliputi Kecakan berbagi Golkar 1, Gerindra 1, PDIP 1 PPP 1 PKB 1 (1/2) PAN 1, jika perolehan suara PKB angkanya diatas 22 ribu  sedangkan perolehan suara PAN mentok di angka 6 ribu, maka bisa di pastikan perolehan kursi PKB dapat 2 kursi dan Nasdem 1 kursi.


"Zonder jika perolehan suara PKB mentok di angka 20 ribu, maka peluang besar perolehan 1 kursi dari PAN," ungkap M. Faizin.


Alumnus IAIN Sunan Ampel Surabaya (Uinsa) ini kemudian menjlentrehkan dinamika politik di dapil 9 sangat dinamis dan dengan sisa waktu ini juga masih ada beberapa prosentase pemilih yang belum menentukan pilihan politiknya ditambah dengan pemilih yang pilihan politiknya masih memungkinkan berubah.


"Jadi masih segala kemungkinan dalam kontestasi ini pun akan bisa terjadi baik new comer atau incumbent, maka mereka para caleg itu harus gaspol mengerahkan semua potensinya kalau ingin menang," tegasnya. ian