Peringati HPN, Gelar Khotmil Qur'an dan Ziarah Makam Salah Satu Pendiri KWG

Gresik, beritakota.net | Suasana haru terlihat saat mata Ny Tyas tamak berair, saat menerima bantuan santunan yang disodorkan M Rohim, Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Komunitas Wartawan Gresik (KWG).


"Mohon jangan dinilai dari jumlahnya, tetapi lihat dari keikhlasan teman teman KWG," ujar Rohim kepada Tyas usai nyekar di makam Siswoko, salah satu pendiri KWG yang meninggal pada 15 September 2015, di pemakaman umum Perumahan Banjarsari Kecamatan Manyar, Jumat (9/2) sore.


Usai menerima santunan dari KWG, Tyas mengaku tidak menyangka kalau rekan rekan seprofesi almarhum suaminya masih memperhatikan dirinya dan anak semata wayangnya.


'Saya sekarang bekerja di Pasuruan, anak saya kuliah di Unair. Semuanya kami tempuh secara langsung, pagi berangkat sore pulang ke Gresik. Terimakasih kepada KWG atas perhatiannya kepada almarhum dan kami," ujar Tyas.


Menurut Rohim, kegiatan nyekar ini termasuk dari rangkaian HPN yang diadakan KWG. Sebelumnya, Jumat (9/2) pagi hingga sing, digelar Khotmil. Quran, di lanjutkan tasyakuran di Balai Wartawan Jl Basuki Rahmat kawasan Bandar Grisse.


Dengan mengusung tema Nasional "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Kerukunan Bangsa", KWG sudah menyiapkan sejumlah rangkaian acara.


"Acara yang bakal kita gelar nanti, semuanya berkaitan dengan masyarakat umum. Baik kesehatan, hukum, UMKM dan santunan anak yatim," ujar Rohim.


Sementara suasana Balai Wartawan KWG nyaris tidak terlihat, karena tertutup papan bunga ucapan dari seluruh relasi.


Mulai dari Bupati Fandi Ahmad Yani, Ketua DPRD, Ketua KONI, Perumda Bank Gresik, hotel, dan sejumlah OPD Pemkab Gresik yang jumlahnya mencapai puluhan.


Agenda HPN  berikutnya adalah donor darah, di Balai Wartawan 26 Februari dengan melibatkan seluruh anggota KWG , masyarakat umum, serta  karyawan instansi pemerintah maupun TNI/Polri.


Kemudian pada 4 Maret, masih di Balai Wartawan, diadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Sejumlah penyakit yang dapat dicek antara lain, gula darah, asam urat dan kolesterol.


Acara berikutnya bakal diadakan di GressMall pada 22 April, yaitu Tumpeng Nasi Krawu. Kegiatan ini melanjutkan tradisi HPN KWG tahun lalu, yang mendapat respon positif Bupati Gresik dan masyarakat.


"Selain Tumpeng Nasi Krawu,  di tempat yang sama juga kita adakan santunan anak yatim, basar yang melibatkan puluhan  UMKM, Podcast serta live musik yang dibawakan anggota KWG," tegas Rohim.


Acara terakhir rangkaian  HPN 2024, adalah Ngopi Hukum, yang rencananya dijadwalkan pada 6 Mei. Acara ini, bakal.melibatkan Asosiasi Kepala Desa (AKD), kepala sekolah se Kabupaten Gresik. ian