Kejari Gresik Musnahkan BB, Perkara Narkotika Mendominasi

Gresik, beritakota.net | Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik telah memusnahkan Barang Bukti (BB) dari 117 perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrakh). Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Kejari Gresik, Kamis (07/03/2024).


Barang bukti yang dimusnahkan diantaranya, sabu-sabu yang mendominasi dengan berat 50,389 gram dari 40 perkara. Kemudian ganja dengan berat 621 gram dari 1 perkara. Lalu pakaian 156 potong dari 42 perkara. Handphone 42 buah dari 58 perkara. Senjata tajam 3 buah dari 1 perkara. Pil LL sebanyak 408.400 butir dari 14 perkara. Minuman keras 230 botol dari 1 perkara. Sedangak dari tindak pidana khusus ada rokok tanpa cukai sebanyak 542.000 batang dari 2 perkara yang dimusnahkan.


Kasi Pengolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Bonar Satria Wicaksono mengatakan bahwa BB yang dimusnahkan merupakan hasil penanganan perkara  periode 1 tahun mulai bulan Januari sampai Desember 2023 yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap (inkraht).


"Untuk pemusnahan BB berupa pil koplo SS dan ganja dilakukan dengan cara diblender. Sedangkan untuk pemusnahan BB berupa HP dilakukan dengan cara di hancurkan menggunakan palu. Untuk BB rokok dimusnahkan dengan cara di bakar sedangkan untuk BB Miras dengan cara dibuang isinya," tegas Bonar yang didampingi Kasi Intel Raden Akmad Nur rizky.


Lebih lanjut dikatakan, pemusnahan ini dilakukan karena perkara sudah inkraht dan BB yang disita harus segera dimusnahkan. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan BB dan mengantisipasi penyalahgunaan.


"Semoga dengan adanya kegiatan pemusnahan BB memberikan motivasi bagi kita semua untuk selalu solid dan terus bekerja sama membangun Kabupaten Gresik menjadi lebih baik," pungkas Bonar.


Turut hadir pada pemusnahan BB diantaranya, Sekda Gresik, Polres Gresik, PN Gresik, BNN Gresik, Kasatpol PP Kabupaten Gresik  Bea Cukai dan beberapa undangan lainnya. ian