Kerupuk Teripang Blonyo Desa Ngawen Jadi Jajanan Favorit Khas Lebaran

Gresik, beritakota.net | Dikenal sebagai kampung nelayan, Dusun Asemmanis, Desa Ngawen, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik memiliki berbagai kuliner hasil laut. Salah satu yang terkenal yakni kerupuk teripang blonyo. 


Teripang blonyo atau yang dikenal sebagai timun laut merupakan hewan laut yang tidak memiliki tulang belakang dengan bentuk memanjang layaknya mentimun. 


Untuk bisa disantap, terlebih dahulu teripang blonyo diiris dan dibersihkan dari lumpur. Kemudian direbus. Usai kandungan air berkurang, teripang ditiriskan dan dicampur dengan bumbu bawang putih. Setelah itu dijemur hingga kering. Terakhir tinggal digoreng hingga matang dan kerupuk teripang blonyo bisa langsung dinikmati. 


Kepala Desa Ngawen Abdul Ghofur mengatakan kerupuk teripang blonyo sudah melekat dengan wilayahnya. Sehingga tak jarang, banyak orang dari berbagai daerah datang untuk membeli. 


"Puncak penjualannya pas Bulan Puasa. Karena banyak dijadikan suguhan atau oleh-oleh untuk tamu lebaran," kata Ghopur, Rabu (17/4/2024). 


Dia menegaskan, meski hanya diberi bumbu bawang putih saja, namun kerupuk teripang blonyo memiliki citarasa yang gurih dan lezat. 


"Selain lezat juga kaya akan nutrisi dan banyak manfaat bagi kesehatan seperti untuk kesehatan tulang dan sumber kolagen," jelasnya. 


Adapun harganya, kerupuk teripang blonyo dijual kisaran harga Rp35 ribu sampai Rp45 ribu per 200 gram. 


"Semoga ekonomi masyarakat semakin meningkat," pungkasnya. ian