Wakil Bupati Gresik Lakukan Pelepasan Ekspor 34 UMKM Binaan Smelting dan Diskoperindag Ke Jepang

Gresik, beritakota.net | Sebanyak 34 produk UMKM Gresik binaan PT Smelting dan Disperindagkop Gresik dilepas ekspor Wakil Bupati Gresik, Hj Aminatun Habibah, Kamis (23/2). Produk tersebut terdiri 28 UMKM binaan PT Smelting dan 6 UMKM binaan Disperindag Gresik. Selanjutnya produk makanan ini akan mengikuti pameran Foodex Japan 2023 yang berlangsung di Tokyo 7-10 Maret 2023.


Total ada 17 paket produk UMKM dengan total berat 168,8 kg, yang akan dikirimkan melalui Freight Forwarder keesokan harinya. Paket tersebut berisi 32 produk makanan dan minuman, ditambah 20 produk ecoprint. 


Dalem agenda tersebut, Wabub Gresik menyampaikan apresiasinya, pada seluruh pihak terkait yang mendampingi UMKM lokal untuk go internasional. 


"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Smelting, atas kerjasama dan fasilitas yang diberikan untuk pemberdayaan UMKM. Mulai dari UMKM batik pitutur yang diberikan sarana prasarana dalam marketingnya, hingga UMKM lainnya." ucap wabup.


Perlu diketahui, dalam Foodex Japan 2023, Indonesia merupakan salah satu dari 90 negara yang mengikuti kegiatan tersebut. Event tersebut berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 7 hingga 10 Maret 2023. Dengan demikian, event ini dapat dimanfaatkan sebagai ladang mencari pembeli dari mancanegara, terutama Jepang.


Lebih lanjut, wabup yang akrab disapa Bu Min itu juga mengatakan, pencapaian ini tidak lepas dari peran serta Kantor Bea dan Cukai Gresik melalui klinik ekspor. Program tersebut bertujuan dalam mendorong dan mendampingi UMKM untuk bisa ekspor secara mandiri.


"Sejak 2022 lalu, ada 21 UMKM yang telah melakukan ekspor mandiri, dengan nilai ekspor USD 162.383 atau sekitar Rp2,5 miliar. Ini kita harapkan agar angkanya terus naik di tahun depan. Sehingga dapat menarik perhatian para investor dari mancanegara." ujarnya.


Ini juga menunjukkan, UMKM di Gresik telah mengalami peningkatan yang signifikan. Kegiatan ini juga menjadi salah satu langkah kerjasama dengan KBRI Jepang.


Tidak hanya Bu Min, agenda kali ini juga diikuti oleh Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi melalui Zoom, Kadiskoperindag, Malahatul Fardah, perwakilan Kantor Bea dan Cukai Gresik, Eko Budi Hartono, EVP Directur PT Smelting, Mr Koji Takahashi, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting, Irjuniawan P Radjamin, serta para perwakilan dari masing-masing UMKM yang lolos seleksi. (ian)